Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lahan Mangrove di Seruyan dan Sukamara Bermasalah

  • Oleh Marini
  • 08 November 2023 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dalam rangka mendukung perlindungan lingkungan hidup, sesuai dengan amanat presiden, Provinsi Kalteng melaksanakan pendataan kawasan daerah mangrove. Di antaranya pada Areal Penggunaan Lain (APL) di Kabupaten Seruyan dan Kabupaten Sukamara.

Kedua wilayah kabupaten tersebut kerap kali mengalami berbagai permasalahan. Secara garis besar Kepala Bidang Penataan dan Pemberdayaan ATR/BPN Provinsi Kalteng Mindasari menyimpulkan, Kabupaten Seruyan dan Kabupaten Sukamara tidak memuat kawasan magrove pada rancangan pola ruang tata wilayahnya.

Dengan hasil temuan misalnya, untuk Kabupaten Seruyan dilaksanakan salah satu di Desa Sungai Bakau seluas 51,21 hektare. Ancaman magrove di Kabupaten Seruyan akibat penebangan untuk pembuatan wilayah tambak dan berkurangnya breakwater (pemecah gelombang) pada areal pesisir.

"Sehingga magrove terkena abrasi akibat gelombang air laut. Yang setiap tahunnya semakin meningkat," tuturnya di sela mengikuti Rakor Reforma Agraria, di Aquarius Boutique Hotel Palangka Raya,  Rabu, 8 November 2023.

Ia menuturkan, dalam mendukung pelestarian lingkungan hidup Kabupaten Seruyan, memiliki kelompok masyarakat yang berfokus pada program pelestarian lingkungan yang telah ditetapkan berlandaskan SK Pemerintah Daerah setempat.

Kemudian, untuk kawasan wilayah magrove Kabupaten Sukamara dilaksanakan di Desa Sungai Pasir seluas 219,59 hektare. Berdasarkan pendataan yang dilakukan oleh ATR/BPN Provinsi Kalteng, telah terjadi berbagai permasalahan seperti tambak masyarakat telah menyatu dengan pantai.

"Selain itu terjadi kerusakan magrove akibat sampah yang terbawa oleh air laut," jelasnya. 

Untuk pihaknya memberikan rekomendasi, agar dilaksanakan perbaikan APL pada magrove di kedua kabupaten tersebut. Dengan memperhatian pola ruang kawasan lingkungan hidup. (MARINI/j)

Berita Terbaru