Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lestarikan Kearifan Lokal Agar Tidak Hilang Ditelan Perkembangan Zaman

  • Oleh Donny Damara
  • 18 November 2023 - 15:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng Kuwu Senilawati mengajak semua pihak untuk dapat bersama melestarikan kearifan lokal agar tidak hilang ditelan pesatnya perkembangan zaman seperti sekarang ini.

Diera perkembangan zaman pastinya budaya luar akan lebih banyak masuk, sehingga hal itu akan dapat mempengaruhi budaya maupun kearifan lokal yang ada khususnya di daerah. Oleh karenanya, jangan sampai budaya lokal kalah dengan pengaruh budaya luar.

"Kita harus bisa mempertahankan budaya maupun kearifan lokal yang dimiliki, dan itu menjadi suatu kewajiban. Upaya pelestarian agar terus dilakukan baik itu pemda maupun masyarakat lokal secara umum," ucapnya, Sabtu, 18 November 2023.

Ia menekankan pentingnya menjaga dan melestarikan kearifan lokal Kalteng supaya secara turun temurun itu dapat dikenal oleh anak cucu yang akan datang, kearifan lokal juga merupakan kekayaan daerah yang harus bisa dipertahankan keberadaannya.

"Melestarikan maupun merawat kearifan lokal itu penting, sebab ini merupakan bagian dari kekayaan daerah, dan yang paling utama yaitu merupakan peninggalan sejarah nenek moyang terdahulu, jadi mempertahankannya menjadi tanggung jawab bersama," tuturnya.

Dirinya berharap, dengan upaya melestarikan dan menjaga kearifan lokal yang dimiliki daerah ini keberadaannya akan terus ada hingga kedepan. Meskipun zaman berkembang tapi kearifan lokal jangan sampai dilupakan dan semua harus turut aktif melestarikannya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru