Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pesawaran Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kotim Terima 50 Kuota Jalur Khusus Masuk Perguruan Tinggi Negeri Favorit

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 24 November 2023 - 20:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kabupaten Kotawaringin Timur menerima 50 kuota jalur khusus masuk perguruan tinggi negeri favorit. Kuota ini tentu saja akan mendorong upaya dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM) lokal.

"Karena anak kita susah masuk perguruan tinggi negeri yang dianggap unggulan seperti UI, ITB, UGM, Undip, Udayana, ada 21 perguruan tinggi negeri. Sehingga kita meminta untuk masuk jalur khusus seperti jalur undangan," kata Bupati Kotawaringin Timur, Halikinnor, Jumat, 24 November 2023.

Jalur khusus tersebut diperoleh melalui kerja sama APKASI (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia, dimana Halikinnor menjadi salah satu pengurus koordinator wilayah Kalimantan Tengah.

Melalui APKASI ini bekerjasama agar diberikan jatah sehingga diberikan kuota khusus 5.000 mahasiswa dari 416 Kabupaten se-Indonesia. Sementara Kotim mengambil jatah 50 mahasiswa dari yang diperoleh Kalteng sebanyak 500 mahasiswa. Karena kuota tersebut dibagi semua Kabupaten di Kalteng.

Ia menjelaskan, kuota jalur khusus misalnya di daerah ini terdapat anak berkecukupan secara ekonomi. Namun untuk masuk perguruan tinggi unggulan sulit menembus tes nya, sehingga dapat masuk melalui jalur khusus ini.

"Walaupun kuliah di lain pun juga bagus, tetapi paling tidak Universitas Negeri unggulan itu kualitasnya secara fasilitas dan peralatan sudah bagus," katanya. (DEWI PATMALASARI/Y)

Berita Terbaru