Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pelajar di Kapuas Ikuti Sosialisasi Pencegahan Perkawinan Usia Anak

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 30 November 2023 - 22:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Sejumlah pelajar tingkat SMP dan SMA di Kabupaten Kapuas mengikuti sosialisasi pencegahan perkawinan usia anak, bertempat di Aula Bappelitbangda Kapuas, Kamis, 30 November 2023.

Kegiatan tersebut digelar Dinas P3APPKB Provinsi Kalimantan Tengah bekerjasama dengan Pemkab Kapuas dalam hal ini Dinas P3APPKB Kapuas.

"Jadi, tentu acara sosialisasi ini berangkat dari niat baik kita semua melihat data bahwa untuk perkawinan anak ini di Kalteng posisinya cukup tinggi di Indonesia. Demikian juga dengan posisi Kapuas untuk di Kalteng. Nah perkawinan usia anak ini perlu kita cegah karena dampaknya banyak," kata Kepala Dinas P3APPKB Kapuas, dr Tri Setyautami.

Sehingga, lanjut dia acara ini mengundang berbagai OPD terkait dan juga dari anak anak sekolah baik SMP, SMA termasuk dari Kemenag, Pengadilan Agama hingga Pondok Pesantren.

"Selain perkawinan usia anak juga tentu melanggar undang-undang, perkawinan usia anak kemudian juga menyebabkan lahirnya generasi generasi stunting baru," ucapnya.

Lalu, di sisi lain juga ada dampaknya terhadap kesehatan ibu dan anak dan juga potensi terjadinya Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT).

"Karena demikian kompleksnya dampak yang disebabkan perkawinan anak, sehingga dilaksnaakan kegiatan hari ini," ucapnya.

Dia berharap semua yang hadir khususnya anak anak remaja mereka bisa menjadi penyeru atau penerus pesan pesan positif yang hari ini disampaikan.

"Jadi, mereka bisa berbuat kok dengan potensi dan kondisi mereka masing masing minimal di lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan seterusnya," harapnya.

Selain, menyelenggarakan sosialisasi pencegahan perkawinan usia anak, juga dilanjutkan dengan peran ketahanan keluarga untuk pencegahan percepatan penurunan stunting. (DODI/Y)

Berita Terbaru