Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Kalimantan Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Kotim Berharap DBH Sawit Dimaksimalkan untuk Pembangunan Infrastruktur Wilayah Utara

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 01 Desember 2023 - 20:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - DPRD kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) berharap dana bagi hasil (DBH) sawit dimaksimalkan untuk pembangunan infrastruktur Wilayah utara.

"Dengan adanya DBH sawit khususnya kami di Dapil V agar lebih maksimal anggarannya ke sana mengingat di sana tempat lintas perkebunan sawit," kata Anggota DPRD Kotim dapil V M Abadi, Jumat, 1 Desember 2023.

Dia mengatakan, di ibu kota kecamatan Tualan Hulu mengalami kerusakan jalan lumayan parah. Termasuk Kecamatan Mentaya Hulu, Telaga Antang, Antang Kalang dan Bukit Santuai.

Diketahui Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotim menerima DBH Sawit Rp46 miliar untuk menopang pembangunan daerah.

Penerimaan DBH pengelolaan perkebunan kelapa sawit dari pemerintah pusat , merupakan yang pertama bagi Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur.

Perjuangan untuk mendapatkan DBH sawit dilakukan melalui Asosiasi Kabupaten Penghasil Sawit Indonesia (AKPSI) dimana Bupati Halikinnor merupakan salah satu inisiator pembentukan asosiasi tersebut dan kini menjabat sebagai Wakil Ketua Umum AKPSI. 

Ada ketentuan dalam penggunaan DBH sawit tersebut, seperti untuk pembangunan infrastruktur jalan, jembatan dan kegiatan lainnya yang ada kaitannya sektor perkebunan kelapa sawit. (DEWI PATMALASARI/j)

Berita Terbaru