Aplikasi Real & Quick Count & Arsip Form C1 Digital

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pesawat Rusak, Alasan Nam Air Batalkan Pemberangkatan Penumpang di Bandara Pangkalan Bun

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 08 Desember 2023 - 14:41 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Maskapai Nam Air rute Pangkalan Bun - Semarang dengan nomor penerbangan IN 195 pada Kamis, 7 Desember 2023 pukul 07.30 WIB, batal terbang demi keselamatan penumpang, karena ada kerusakan pada pesawat.

Demikian alasan yang disampaikan District Manager NAM Air Pangkalan Bun Priyanto. Ia menyebut, pesawat mengalami kerusakan dan saat ini masih dalam proses perbaikan.

"Pesawat kita sejak kemarin sampai dengan saat ini masih dalam perbaikan, karena alami kerusakan. Sehingga penerbangan kami batalkan, karena ini demi keselamatan. Kita tidak mungkin menerbangkan pesawat dalam keadaan rusak," kata Priyanto, saat dikonfirmasi pada Jumat, 8 Desember 2023.

Ia menjelaskan, sempat dilakukan upaya pengunduran jam terbang. Namun, karena belum ada perkembangan dari perbaikan pesawat, pihaknya tidak mau memberi janji lebih kepada calon penumpang.

Bahkan, sempat ada wacana akan diberangkatkan di kemudian hari, namun karena kondisi tidak memungkinkan maka penerbangan dibatalkan.

"Daripada kita janji - janji nanti penumpangnya kecewa, karena pesawatnya belum selesai perbaikan. Ini saja yang ditargetkan 1 hari selesai mundur lagi jadi 2 hari," jelasnya.

Kemudian, pihaknya memberikan opsi kepada calon penumpang dengan Reschedule, ganti rute penerbangan di hari itu juga dan Refund.

"Untuk Reschedule kita berikan layanan free, kemudian ada penumpang yang kita kasih pilihan bersedia tidak kita bantu terbang ke Jakarta, yang penting hari itu terbang dulu, kemudian ke Semarang. Kemarin banyak juga yang mau lewat Jakarta," tuturnya.

"Kemudian, calon penumpang yang jauh tempatnya dari Pangkalan Bun, kalau ada next flight kita sewakan hotel sesuai dengan peraturannya. Untuk yang refund, ini kita berikan full tetapi ada waktunya, dan itu sekitar 1 minggu. Tidak sampI 4 minggu," ungkapnya.

Ia menambahkan, untuk mem-backup maskapai Nam Air yang alami kerusakan pihaknya dibantu maskapai milik Sriwijaya Air.

Berita Terbaru