Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kotawaringin Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kesbangpol Kalteng Ingatkan Pentingnya Koordinasi dalam Tangani Konflik Sosial

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 15 Desember 2023 - 13:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kalteng mengingatkan pentingnya koordinasi dalam tangani konflik sosial.

"Saya ingin menekankan pentingnya koordinasi yang baik antara Satgas Penanganan Konflik Sosial (PKS) dengan lembaga pemerintah, kepolisian, TNI, tokoh masyarakat, serta seluruh pihak terkait lainnya," tutur Kepala Bidang Penanganan Konflik dan Kewaspadaan Dini Kesbangpol Kalteng, Edy Yusuf, dalam keterangannya, Jumat, 15 Desember 2023.

Ia meyakini kolaborasi yang solid dan terkoordinasi dengan baik menjadi kunci keberhasilan dalam menangani konflik sosial di Kalteng.

Edy berharap rapat koordinasi dapat memperhatikan faktor-faktor khusus yang terkait dengan konflik sosial di Kalimantan Tengah.

Sebagai contoh, masalah sumber daya alam, hak-hak adat, serta isu-isu lain yang relevan dengan situasi di provinsi ini. Dengan memahami konteks lokal, maka dapat merumuskan strategi yang lebih tepat dan efektif.

Dia mengingatkan perlunya sinergi dengan lembaga terkait, seperti Badan Intelijen Negara (BIN), Badan Pertahanan Nasional (BPN), dan lembaga terkait lainnya.

Sinergi yang kokoh dengan lembaga-lembaga ini akan memperkuat upaya penanganan konflik sosial, termasuk dalam hal pengumpulan informasi, analisis, dan pelaksanaan tindakan preventif. (HERMAWAN DP/j)

Berita Terbaru