Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dua Profesor Malaysia Beri Testimoni Objek Wisata di Sumatera Utara

  • Oleh Testi Priscilla
  • 22 Desember 2023 - 22:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Prof Dr Mhd Hasmadi Ismail dari Fakulti Perhutanan dan Alam Sekitar UPM dan Prof Madya Dr Seca Gandaseca dari Faculty Sains Gunaan UiTM Malaysia memberi testimoni usai mengunjungi beberapa objek wisata di Sumatera Utara, Indonesia.

"Danau Toba berpotensi besar sebagai wisata geopark, bukan hanya kaya dengan sumber aslinya, tetapi kaya dengan budaya tempatan dan kuliner  yang boleh dipromosikan kepada pelawat dari luar negara," kata Prof Hasmadi dalam keterangan resminya pada Jumat, 22 Desember 2023.

Dirinya berharap semoga kawasan ini dapat diuruskan dengan baik oleh pihak yang berauthoritas.

Sementara itu Prof Madya Dr Seca Gandaseca dari Faculty Sains Gunaan UiTM Malaysia menyebut bahwa ini adalah untuk pertama kali bagi dirinya dan istri sampai di Danau Toba.

"Komen saya wow, tempat yang sangat indah dan mengasyikan. Kagum tiada habis melihat ciptaan Tuhan berupa danau besar, luas dan indah yang dalamnya sampai sekarang belum diketahui secara pasti," tutur Prof Seca dalam rilis yang sama.

Untuk dirinya sebagai tenaga pendidi dari Perguruan Tinggi, lanjut Prof Seca, Danau Toba adalah sumber penelitian yang tiada habis-habisnya.

"Dari aspek science, teknik, geologi, geopark, sejarah, sosial dan budaya, di samping sebagai tempat ekowisata yang amat potensial di Sumatera Utara, Danau Toba bagi kami adalah sumber penelitian yang tiada habis-habisnya," tuturnya lagi.

Sementara itu, Ketua Pengabdian Internasional Prof Rahmawaty dari USU, menuturkan bahwa kunjungan dua profesor dari Malaysia ini merupakan bagian dari kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh tiga universitas lintas negara yakni Universitas Sumatera Utara atau USU, Universiti Putra Malaysia atau UPM, dan Universiti Technology MARA atau UiTM bertujuan mendampingi kelompok tani atau Poktan di Sumatera Utara.

"Kita pada 20--21 Desember 2023 ini melakukan pengabdian Masyarakat di Desa Lama Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara," kata Prof Rahmawaty.

Pengabdian kepada masyarakat dan penelitian ini, lanjutnya, digelar dengan Tim Peneliti Mitra dari UPM dan UiTM Malaysia yang diajak mengunjungi lokasi riset di Kabupaten Toba.

Berita Terbaru