Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

TPHP Kalteng Jelaskan Perbedaan Jagung Manis dan Jagung Pakan

  • Oleh Marini
  • 24 Desember 2023 - 23:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Peternakan (TPHP) Provinsi Kalteng Hj Sunarti menjelaskan bahwa jagung manis dan jagung pakan memiliki perbedaan.

Ia mengatakan, kedua jagung tersebut dibedakan saat pengambilan biji, cita rasa, dan kegunaannya. 

Pada umumnya, jagung manis memiliki biji kuning yang cerah, cita rasa yang manis, dam tentu menjadi primadona pecinta kuliner.

Sedangkan, untuk jagung pakan memiliki biji kuning pucat putih, cita rasanya tawar, teksturnya lebih keras, dan kerap digunakan untuk pakan ternak hewan.

"Jagung manis di Kalteng sangat diminati pasaran, apalagi saat momentum akhir tahun untuk kebutuhan konsumsi menyambut malam pergantian tahun. Di Kota Palangka Raya sendiri paling banyak tumbuh diwilayah Kelampangan," tuturnya, Minggu, 24 Desember 2023

Ia juga mengutarakan, jagung manis merupakan tanaman hortikultur karena menjadi hidangan bersama makanan utama (disayuran), dan masuk kedalam komoditi pangan.

"Masa panen jagung manis lebih cepat dibandingkan jagung pakan, untuk jagung manis kurang lebih hanya 72 hari sedangkan jagung pakan memakan waktu 90 hari atau kurang lebih 3 bulan," jelasnya.

Ia juga memberitahukan, Kabupaten Barito Utara, merupakan daerah pemasok jagung untuk pembuatan pakan paling besar di Kalteng. Pengiriman jagung pakan tersebut sampai ke Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. (MARINI/j)

Berita Terbaru