Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

MAN Kapuas Kenalkan Permainan Tradisional Demi Lestarikan Kearifan Lokal

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 25 Desember 2023 - 11:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kapuas telah menggelar kegiatan puncak acara dengan tema kearifan lokal dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin (P5PPRA). 

Kegiatan tersebut tidak hanya menjadi perayaan nilai-nilai kearifan lokal, tetapi juga memperkenalkan sejumlah permainan tradisional yang semakin langka di era digital ini kepada para peserta didik

Peserta didik MAN Kapuas bersama dewan guru berkumpul dalam suasana penuh semangat untuk mengikuti rangkaian kegiatan permainan tradisonal seperti permainan belogo, lompat tali, dan enggrang yang menjadi sorotan utama dalam puncak acara tersebut.

Antusiasme peserta didik terlihat dalam permainan belogo, permainan tradisional yang menguji keterampilan dan kekompakan tim. 

Mereka bermain dengan penuh semangat dan keceriaan, menghidupkan kembali tradisi permainan rakyat yang semakin jarang dilakukan.

Dalam permainan lompat tali, sebuah permainan sederhana namun membutuhkan keterampilan dan ketangkasan, menjadi daya tarik tersendiri. 

Peserta didik MAN Kapuas saling berkolaborasi dan bersaing dengan gembira dalam lompatan tali yang penuh keceriaan.

Serupa dengan permainan tali, permaian enggrang juga memmerlukan keseimbangan dan ketangkasan kaki. Permainan ini sangat membutuhkan keseimbangan dan koordinasi yang baik, berhasil memukau peserta didik MAN Kapuas. 

Mereka berusaha menyeimbangkan tubuh dengan enggrang, menciptakan momen kegembiraan dan kebersamaan.

Kepala MAN Kapuas, Ahmad Mulyadi, menyatakan bahwa kegiatan ini bukan hanya sebagai sarana hiburan, tetapi juga sebagai bentuk apresiasi terhadap kearifan lokal dan permainan tradisional yang mungkin telah terlupakan.

Berita Terbaru