Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Binaan Lapas Perempuan Palangka Raya Ikuti Pembinaan Kemandirian

  • Oleh Pathur Rahman
  • 22 Januari 2024 - 13:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Perempuan Kelas IIA Palangka Raya mengikuti pengarahan dan rekreasi outbond yang dipandu oleh Kepala Lapas Perempuan Kelas IIA Palangka Raya Sri Astiana dan juga oleh masing-masing seksi, Senin, 22 Januari 2024.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan motivasi, pembinaan, dan kemandirian bagi WBP yang sedang menjalani masa pidana di lapas tersebut. Seksi Giatja Lapas Perempuan menyiapkan berbagai program pembinaan kemandirian mencakup pertanian, perikanan, tataboga, dan handycraft.

“Kami berharap WBP memiliki kesempatan untuk mengembangkan ketrampilan yang bermanfaat selama menjalani masa pidananya. Kami juga ingin mereka memiliki bekal untuk hidup mandiri setelah bebas nanti,” ujar Sri Astiana.

Untuk mengetahui minat, bakat, dan ketrampilan yang dimiliki serta pelatihan yang pernah diikuti di lapas asal mereka, seksi giatja membagikan angket kepada WBP guna memetakan pembinaan apa yang dapat diikuti.

“Kami Lapas Perempuan Palangka Raya memiliki fasilitas yang cukup lengkap dan juga Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) LaPu Pala yang dapat dimanfaatkan untuk memberikan pendidikan dan pelatihan kemandirian bagi WBP," ungkapnya.

Bagi mereka yang telah memiliki ketrampilan, dapat bergabung dengan giat yang sudah ada sehingga selama menjalani pidananya mereka tetap dapat beraktivitas sesuai dengan ketrampilan yang dimiliki.

Kegiatan yang dilakukan oleh seksi giatja hari ini dengan memberikan angket merupakan salah satu cara untuk menggali informasi bakat dan minat WBP yang selanjutnya akan ditindaklanjuti dan diarahkan dalam pelaksanaannya.

Sri Astiana berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi WBP dan juga bagi masyarakat sekitar lapas. Ia juga mengapresiasi kerjasama yang baik antara pihak lapas dan instansi terkait dalam mendukung program pembinaan kemandirian WBP.

“Kami berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam melaksanakan kegiatan ini. Kami berharap ke depannya dapat terus bersinergi dalam memberikan pelayanan dan pembinaan yang terbaik bagi WBP,” pungkasnya. (PATHUR/H)

Berita Terbaru