Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Minta Pemda Dukung Anggaran Untuk Pelaksanaan Tiwah Massal

  • Oleh Donny Damara
  • 26 Januari 2024 - 13:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalteng, Kuwu Senilawati meminta pemda agar dapat mendukung anggaran untuk pelaksanaan kegiatan keagamaan umat Hindu Kaharingan yakni tiwah massal.

Kuwu mengatakan, guna kelancaran setiap kegiatan tiwah massal tentu diperlukan anggaran yang memadai, oleh karenanya dukungan pemda sangat penting karena memang kegiatan itu memerlukan biaya besar.

"Upacara tiwah massal merupakan bentuk pengormatan terhadap keluarga yang telah meninggal dunia. Dalam prosesnya kegiatan tersebut memerlukan biaya besar jadi harus dibantu," ucapnya, Jumat, 26 Januari 2024.

Ia mengakui bahwa, pihaknya sangat mendukung adanya prosesi tiwah massal di Kalteng ini, sebab selain untuk menghormati orang yang sudah meninggal dunia, itu juga merupakan bagian dari budaya Kalteng.

"Jadi budaya ini harus bisa terus diletarikan. Kita juga akan terus memperjuangkan aspirasi yang berkaitan dengan bantuan dana ketika ada kegiatan tiwah massal ini, harapan kita itu bisa diperhatikan pemda," ujarnya.

Selain itu, Kuwu juga berharap bantuan untuk pelaksanaan tiwah massal oleh masyarakat Hindu Kaharingan ini bisa terus dianggarkan bahkan lebih ditingkatkan, sebab ini merupakan acara keagamaan yang juga harus diperhatikan.

"Tiwah itu dilaksanakan selama beberapa hari, itu merupakan upacara penyucian dan menghantarkan roh leluhur. Karena ini upacara keaganaan jadi harus didukung serta ddibantu dari segi pendanaan," tutupnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru