Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kapolda Kalteng Tegaskan Netralitas Polri dalam Politik

  • Oleh Pathur Rahman
  • 10 Februari 2024 - 20:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah (Kapolda Kalteng) Irjen Pol Djoko Poerwanto mengingatkan seluruh anggota Polda Kalteng beserta jajaran untuk menjaga netralitas Polri dalam kehidupan politik.

Hal ini sesuai dengan Pasal 28 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia (UU Polri).

“Polri bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis. Anggota Polri tidak menggunakan hak memilih dan dipilih. Anggota Polri dapat menduduki jabatan di luar kepolisian setelah mengundurkan diri atau pensiun dari dinas kepolisian,” kata Kapolda Kalteng melalui Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Kalteng Kombes Pol Erlan Munaji, Sabtu, 10 Februari 2024.

Menurut Erlan, netralitas Polri merupakan salah satu pilar demokrasi yang harus dijaga dan dihormati oleh semua pihak. Ia menegaskan bahwa Polri tidak akan memihak kepada siapa pun dalam kontestasi politik, baik di tingkat pusat maupun daerah.

“Polri hanya bertugas untuk mengamankan jalannya proses politik yang demokratis, damai, dan berintegritas. Kami tidak akan terpengaruh oleh kepentingan politik apapun. Kami akan bersikap profesional, proporsional, dan transparan dalam menjalankan tugas kami,” ujarnya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu yang dapat mengganggu stabilitas keamanan dan ketertiban. Ia mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

“Kami menghargai hak-hak politik masyarakat, tetapi kami juga mengharapkan masyarakat untuk menghormati netralitas Polri. Kami berharap masyarakat dapat berpartisipasi secara aktif dan cerdas dalam proses politik, tanpa melakukan tindakan-tindakan yang melanggar hukum atau merugikan orang lain,” pungkasnya. (PATHUR/H)

Berita Terbaru