Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Partisipasi Pemilih Barito Timur pada Pemilu 2024 Capai 84 Persen

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 17 Februari 2024 - 11:10 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pejabat (Pj) Bupati Barito Timur Indra Gunawan mengapresiasi partisipasi masyarakat Barito Timur yang telah mendukung suksesnya Pemilu 2024. Menurutnya, partisipasi pemilih kali ini mencapai 84 persen.

Tingkat partisipasi pemilih yang menggunakan suaranya pada pesta demokrasi lima tahunan itu itu juga telah dilaporkan ke Menteri Dalam Negeri dan Gubenur Kalteng.

“Tingkat partisipasi delapan puluh empat persen ini artinya suatu keberhasilan sosialisasi pada seluruh lapisan masyarakat betapa pentingnya pemilu untuk memilih pimpinan kita ke depan, baik itu presiden, DPD, DPR RI, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten,” ujarnya di Tamiang Layang, Sabtu, 17 Februari 2024

Kepala Daerah mengatakan, indikator keberhasilan partisipasi pemilih untuk datang ke tempat pemungutan suara sangat tinggi. Perbandingan siginifikan tergambar dari meningkatnya persentase masyarakat yang menggunakan hak pilihnya dari pesta demokrasi terakhir pada tahun 2020 yang hanya mencapai kurang lebih 77 persen.

”Tentunya ini juga keberhasilan dari para petugas penyelenggara KPU, Bawaslu dan seluruh elemen masyarakat yang menginformasikan bahwasanya pentingnya partisipasi pencoblosan di bilik pemilu,” tegasnya.

Indra Gunawan berharap tingginya tingkat partisipasi pemilih itu juga hendaknya bisa diwujudkan pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak yang juga akan dilaksanakan tahun ini.

Dia mengungkapkan, pada pembicaraan sampai tingkat Nasional pilkada serentak 2024 diperkirakan bergeser pada bulan November.

”Kita menunggu saja keputusan yang tepat. Dan minimal (partisipasi) pada Pilkada sama dengan Pemilu karena kita akan memilih calon kepala daerah yang mumpuni supaya Barito Timur lebih maju dan masyarakatnya sejahtera,” kata Pj Bupati. (BOLE MALO/j)

Berita Terbaru