Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas P3APPKB Kapuas Sosialisasi Program GenRe di Kecamatan Kapuas Hilir

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 04 Maret 2024 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas P3APPKB melalui Bidang Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera bersinergi dengan Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) melaksanakan promosi dan sosialisasi program Generasi Berencana (GenRe) di Kecamatan Kapuas Hilir.

Kegiatan ini dihadiri Bidang KB dan Keluarga Sejahtera Dinas P3APPKB Kapuas Sri Herliati, Camat Kapuas Hilir, Mahrita, Duta GenRe Kapuas, pembina dan guru pengelola PIK-Remaja, Pengurus PIK-Remaja SMAN-1 Kapuas Hilir, Duta GenRe Desa/Kelurahan Kapuas Hilir, Perwakilan dari SMPN-2 setempat dan PKB.

Sri Herliati yang juga selaku narasumber menyampaikan bahwa program Genre ini dalam rangka penyiapan kehidupan keluarga bagi remaja, menitikberatkan pada promosi pendewasaan usia perkawinan, dengan menghindari Triad KRR (tiga hal nyang harus dihindari remaja).

Selanjutnya penyediaan informasi kesehatan reproduksi seluas-luasnya melalui Pusat Informasi dan Konseling (PIK) remaja/mahasiswa, dan Duta GenRe sebagai Role Model bagi remaja. 

Selain itu, promosi perencanaan kehidupan berkeluarga yang dikemas dalam bentuk sosialisasi program yang ramah remaja, dari, oleh, dan untuk remaja.

"Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan serta keterampilan Duta GenRe dan Pengelola pusat informasi konseling remaja dalam mempromosikan program genre melalui jaringan komunikasi di lingkungan sekolah," katanya, Senin, 4 Maret 2024.

Sementara, Camat Kapuas Hilir Mahrita menyebutkan bahwa ketahanan remaja sangat penting, apabila ketahanan remaja dan keluarga kuat maka ketahanan negara akan kuat. 

"Remaja harus memiliki cita-cita tinggi, karena Untuk meraih impian itu tentunya harus bisa merencanakan dalam tahapan-tahapan," ucapnya.

Kemudian, Muhammad Ridwan dan Rahima Dea Puspita selaku Duta GenRe Putra Putri Tingkat Kabupaten Kapuas  yang juga Juara II Duta GenRe Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah, menjelaskan tugas utama sebagai Duta GenRe dan sebagai remaja adalah menanamkan terlebih dahulu pada diri masing-masing makna dari menjadi remaja yang sehat, remaja yang hebat, berprestasi dan juga berakhlak.

Remaja agar menjadi teladan mulai dari sendiri dengan menjalankan lima transisi remaja yang harus dilalui yaitu menerapkan pola hidup sehat, melanjutkan pendidikan, bekerja, membangun keluarga dan berpartisipasi dalam lingkungan masyarakat. (DODI/H)

Berita Terbaru