Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Kalimantan Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kabidhumas Polda Kalteng Berikan Lima Tips Pendidikan Media Sosial untuk Anak

  • Oleh Pathur Rahman
  • 05 Maret 2024 - 18:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dalam upaya meningkatkan kesadaran dan keamanan anak-anak di media sosial, Kabidhumas Polda Kalteng Kombes Pol Erlan Munaji, memberikan lima tips penting bagi orang tua.

"Pendidikan media sosial yang efektif dimulai di rumah, agar dikemudian hari anak - anak bisa menggunakan media sosial dengan baik dan juga bijak tentunya kita harapkan," ujar Kombes Pol Erlan Munaji, Selasa, 5 Maret 2024.

Berikut adalah lima tips dari Erlan. Pertama, Orang tua harus memberikan penjelasan yang komprehensif tentang dampak positif dan negatif dari penggunaan media sosial kepada anak-anak mereka.

Kedua, mengajarkan anak-anak untuk menjaga privasi mereka di media sosial adalah langkah penting untuk melindungi mereka dari risiko online.

Ketiga, anak-anak perlu diajarkan tentang etika berkomunikasi dan berperilaku yang baik di media sosial, termasuk menghormati orang lain.

Keempat, mengajak anak berdiskusi tentang konten media sosial dapat membantu mereka mengembangkan kemampuan berpikir kritis.

Kelima, menetapkan batasan waktu penggunaan media sosial dapat mencegah anak-anak dari kecanduan dan memastikan mereka memiliki waktu untuk aktivitas lain.

Kombes Pol Erlan Munaji juga menekankan pentingnya memberikan contoh yang baik dalam menggunakan media sosial.

 "Sebagai orang tua, kita harus menjadi role model yang baik dalam bermedia sosial," pungkasnya. (PATHUR/H)

Berita Terbaru