Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BKPSDM Kapuas Diharapkan Profesional Terkait SOP Pelayanan

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 08 Maret 2024 - 11:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Kapuas diharapkan profesional terkait Standar Operasional Prosedur (SOP).

Hal itu disampaikan M Jalaluddin selaku Sekretaris PD Muhammadiyah Kapuas yang menilai BKPSDM masih belum profesional, hal ini terlihat dari sistem pelayanan terhadap pegawai masih kurang dan cenderung lambat. 

"Mutasi pegawai, masa harus berbulan-bulan menunggu kejelasannya, ini dikarenakan BKPSDM sepertinya tidak punya SOP yang jelas tentang pelayanan," katanya melalui keterangan tertulis, Jumat, 8 Maret 2024.

Hal ini, lanjut dia bsa dilihat dari halaman website BKPSDM Kapuas tidak terlihat SOP pengurusan surat-menyurat dan berapa lama surat tertentu selesai untuk dikerjakan. 

"Padahal visinya adalah terwujudnya Aparatur Sipil Negara yang Profesonal, Kompeten, Diisiiplin, Sejahtera dan Berprestasi," sebut Mantan Sekretaris KNPI Kapuas ini.

Dimana salah satu Misinya menjamin kepuasan masyarakat melalui peningkatan kualitas pelayanan publik.

"Ini berarti tidak sesuai dengan visi dan misi ada. Belum lagi mottonya menjamin pelayanan yang akuntabel, responsif dan transparan," tuturnya.

Menurut dia lagi, dalam standar layanan yang tercantum di halaman web BKPSDM perlu ditetapkan SOP Layanan, agar masyarakat tahu berapa lama dan harus mengurus surat. 

"Kalau toh lewat dari waktu yang ditentukan, apa penyebabnya dan membuat surat harus diberi tahu atau diumumkan dalam halaman web. Saya kira sudah saatnya kita tinggalkan sistem manual dan berpindah ke sistem digitalisasi yang lebih mudah," tuturnya.

Diakhir, ia menyarankan kepada Pj Bupati Kapuas, untuk mengevaluasi kembali pejabat-pejabat khususnya d BKPSDM yang tidak profesional dan cenderung memperlambat urusan. (DODI/H)

Berita Terbaru