Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kesbangpol Kalteng Ingatkan Persaingan SDA Berpotensi Picu Konflik

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 08 Maret 2024 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kalteng mengingatkan potensi pemicu konflik dari sektor persaingan Sumber Daya Alam (SDA).

 Kepala Kesbangpol Kalteng, Katma F Dirun mengatakan potensi konflik terkait dengan pemanfaatan sumber daya alam, seperti pertambangan dan kehutanan yang dapat memicu perselisihan antara pihak-pihak yang berkepentingan.

Ia menegaskan pentingnya untuk memperkuat kerja sama antara berbagai pihak terkait, termasuk pihak pemerintah, LSM, komunitas lokal, dan pemangku kepentingan lainnya.

Terutama dalam mengidentifikasi permasalahan potensial yang dapat memicu konflik sosial dan merumuskan solusi yang berkelanjutan.

“Selain itu, partisipasi aktif masyarakat dalam proses pengambilan keputusan yang mempengaruhi kehidupan juga perlu ditingkatkan,” sebut Katma mewakili gubernur Kalteng saat menyampaikan materi tentang Potensi Konflik Sosial di Hotel M Bahalap, Kota Palangka Raya, Jumat, 8 Maret 2024.

Katma mengingatkan beberapa kunci dalam mencegah eskalasi konflik di Provinsi Kalteng melalui edukasi, dialog, dan pembinaan kemampuan berkomunikasi dan berdamai. (HERMAWAN DP/Y)

Berita Terbaru