Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Partisipasi Pemilih pada Pemilu 2024 di Kotim Capai 80 Persen

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 14 Maret 2024 - 20:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mencapai 80 persen.

"Pada pemilu 2024 ini tingkat partisipasi pemilih 80 persen. Meningkat dibandingkan Pemilu 2019 lalu 74,64 persen," kata Ketua KPU Kotim Muhammad Rifqi, Kamis, 14 Maret 2024.

Data tersebut tersebut menunjukkan dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) 303.608 orang terdapat 241.849 orang menggunakan hak pilihnya untuk memilih Pasangan Presiden dan Wakil Presiden, calon legislatif (caleg) DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten dan DPD.

Rifki mengatakan, tingginya tingkat partisipasi pemilih tersebut menjadi tanda bahwa masyarakat atau para pemilih antusias menggunakan hak pilih di TPS untuk menentukan pemimpin lima tahun mendatang.

"Banyaknya calon legislatif yang mencalonkan diri, tentunya memiliki kedekatan emosional dengan pemilih di daerah pilihannya," ujarnya.

Kedekatan emosional tersebut  menyukut semangat masyarakat untuk memilih dan memenangkan caleg pilihannya.

Di sisi lain, sosialisasi gencar dilaksanakan oleh KPU, peserta Pemilu, Pemerintah Daerah, dan pihak-pihak terkait lainnya juga memiliki peran mendorong peningkatan partisipasi pemilih.

Antusias masyarakat untuk memilih juga muncul pada pemilih pemula. Rrifqi mengamati antusias pemilih pemula tersebut melalui konten-konten media sosial yang banyak diupload kaum milenial pada hari Pemungutan suara, maupun pasca pemungutan suara.

"Memang kami belum memiliki data jumlah pemilih pemula yang menggunakan hak pilihnya. Tetapi dari pengamatan itu kita melihat banyak pemilih pemula berpartisipasi aktif, baik sebagai pemilih dengan memberikan hak pilihnya di TPS, maupun menjadi penyelenggara baik sebagai petugas KPPS maupun pengawas TPS," tandasnya. (DEWI PATMALASARI/Y)

Berita Terbaru