Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Dukcapil Kapuas Sampaikan Sejumlah Manfaat Miliki KIA

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 21 Maret 2024 - 01:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Kapuas menyampaikan sejumlah manfaat bagi anak saat memiliki Kartu Identitas Kependudukan atau KIA.

Sekretaris Dinas Dukcapil Kapuas, Sipie S Bungai mengatakan penting untuk memiliki KIA, karena manfaat yang diperoleh diantaranya sebagai bentuk pemenuhan hak anak.

"Juga untuk melengkapi persyaratan mendaftar sekolah, karena ada beberapa sekolah (tidak semua) yang mensyaratkannya," katanya, Rabu, 20 Maret 2024.

Kemudian, lanjut dia juga sebagai salah satu upaya mencegah adanya perdagangan anak dan bisa digunakan untuk mendaftar BPJS.

"Selanjutnya, juga dapat digunakan saat membuat dokumen keimigrasian, serta untuk keperluan lain yang membutuhkan pembuktian diri," ujarnya.

Selain itu, juga untuk proses identifikasi jenazah dengan korban anak hingga mengurus klaim santunan kematian.

"Adapun masa berlaku KIA yakni untuk KIA tanpa foto sampai usia anak 5 tahun, sedangkan KIA dengan foto sampai usia anak 17 tahun kurang 1 hari," ucapnya.

Dirinya berharap kepada masyarakat yang anaknya belum memiliki KIA segera diurus untuk penerbitannya, pihaknya siap memberikan pelayanan di kantor Disdukcapil Kapuas Jalan Pemuda KM 6. (DODI/Y)

Berita Terbaru