Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pekebun Swadaya di Lamandau Dilatih 5T untuk Tingkatkan Produktivitas Kebun

  • Oleh Testi Priscilla
  • 27 April 2024 - 12:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ratusan pekebun swadaya binaan PT Sawit Sumbermas Sarana atau SSMS Tbk dan Ecogreen Oleochemicals mendapat pelatihan 5T untuk meningkatkan produktivitas kebun.

Direktur BUMDes Berkah Mulya Jaya atau BMJ, Choirul Fuadi mengatakan bahwa pelatihan dari Tim ICS RSPO BMJ ini berfokus pada pengelolaan panen dan pasca panen, pengendalian gulma dan pemupukan.

"Pekebun dilatih untuk melakukan pengelolaan yang baik pada kebun yang dia miliki seperti pemupukan yang tepat atau biasa disebut dengan 5T atau tepat jenis, tepat dosis, tepat waktu, tepat cara, dan tepat sasaran," kata Choirul dalam rilisnya kepada Borneonews pada Sabtu, 27 April 2024.

Choirul menjelaskan bahwa pengendalian gulma yang benar, serta deteksi dan pengendalian hama tanaman sehingga dapat meningkatkan produktivitas kebun.

Selain itu, lanjutnya, dalam sesi pelatihan ini juga dilakukan diskusi mengenai RSPO, HAM dan K3.

"Pekebun swadaya yang sudah mendapatkan sertifikat RSPO dianjurkan untuk mentaati beberapa kebijakan diantaranya kesetaraan gender, hak pekerja, perlindungan perempuan dan anak," tambahnya lagi. (TESTI PRISCILLA/H)

Berita Terbaru