Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rutan Kapuas Gelar Upacara Peringati Hari Bakti Pemasyarakatan ke 60

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 27 April 2024 - 17:21 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Rumah tahanan negara atau Rutan Kelas IIB Kuala Kapuas menggelar upacara dan syukuran memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-60 pada Sabtu, 27 April 2024.

Kegiatan tersebut diadakan berdasarkan surat Edaran Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Nomor tentang Panduan rangkaian kegiatan HBP ke-60 yang mengangkat tema Pemasyarakatan PASTI Berdampak.

Kepala Rutan Kapuas, David Anderson S didaulat sebagai Inspektur Upacara dan diikuti oleh seluruh petugas, Dharma Wanita Persatuan, serta warga binaan Rutan setempat.

"Kegiatan ini bertujuan untuk memperingati hari lahir Pemasyarakatan, mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa serta meningkatkan integritas dan profesionalisme sebagai insan pemasyarakatan dalam mewujudkan tujuan sistem pemasyarakatan," katanya, Sabtu, 27 April 2024.

Ia juga membacakan Amanat Menteri Hukum dan HAM RI menyampaikan agar Hari Bakti Pemasyarakatan bukan hanya kegiatan seremonial semata.

Tetapi merupakan bentuk komitmen untuk menjawab tantangan ke depan selaras dengan UU Nomor 22 Tahun 2022 tentang pemasyarakatan. 

"Pemasyarakatan memiliki peran yang sentral dalam upaya penjaminan hak. Pembinaan bagi para pelanggar hukum serta peran pemasyarakatan dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat dari pengulangan tindak pidana harus dimanfaatkan secara profesional dan bertanggung jawab," pungkasnya. (DODI/H)

Berita Terbaru