Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perayaan Paskah Nasional di Kalteng, Menteri Agama RI Ingatkan ini

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 27 April 2024 - 16:51 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas mengingatkan paskah merupakan simbol kemenangan atas dosa dan kematian sebagai landasan iman kristen.

Paskah membawa pesan bahwa tidak ada yang mustahil bagi Tuhan, mengajarkan cinta kasih, dan pengampunan, maka kita semua diajak berbagi harapan dan sukacita bagi dunia.

Yaqut mengatakan Indonesia adalah negara dengan keragaman agama, suku dan budaya yang luar biasa. Kerukunan antar umat beragama adalah prinsip yang sangat penting bagi stabilitas dan harmoni masyarakat, untuk itu menjaga toleransi dan saling menghormati merupakan kunci membangun komunitas yang kuat dan bersatu.

“Menjaga kerukunan bukanlah hal yang mudah dan selalu ada tantangan, namun dengan semangat paskah kita diajak merenungkan nilai-nilai kasih dan pengampunan yang diajarkan oleh Yesus Kristus,” ungkapnya saat mengikuti rangkaian paskah nasional secara virtual, Jumat malam, 26 April 2024.

Dia mengingatkan memperlakukan semua orang dengan hormat dan cinta kasih, terlepas dari latar belakang agama dan budaya mereka.

Menurutnya, pesan pengampunan juga sangat relevan dalam konteks kerukunan antar umat beragama. Perbedaan pendapat adalah hal yang wajar di dalam masyarakat yang beragam.

“Kita semua diajak untuk mengatasi perbedaan tersebut dengan sikap pengampunan dan rekonsiliasi, cara ini dapat membangun jembatan antar agama dan mempromosikan perdamaian,” tuturnya.

Selanjutnya, salah satu cara untuk menjaga kerukunan antar umat beragama adalah melalui dialog, dengan dialog antar umat beragama memungkinkan untuk saling memahami.

Termasuk bisa menjadi ajang, berbagi pengalaman dan belajar satu sama lain, dan melalui berdialog ini juga dapat mengurangi kesalahpahaman dan memperkuat kerukunan antar umat beragama.

“Kami mengapresiasi gelaran kegiatan Paskah yang konsisten dilaksanakan sejak tahun 2022 dimulai dari Talaud Sulawesi Utara, berlanjut tahun 2023 di Manokwari Papua Barat, dan sekarang di Kota Cantik Palangka Raya menjadi panggung berikutnya dalam spirit kemenangan,“ sebutnya. (HERMAWAN DP/R)


TAGS:

Berita Terbaru