Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perbaikan Panel CB Milik PLN Sudah Sekitar 90 Persen

  • Oleh Wahyu Krida
  • 15 Juni 2016 - 15:15 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Perbaikan panel Circuit Breaker (CB) milik PLN sudah sekitar 90 persen. Pasca datangnya tiga unit panel CB yang mengalami kerusakan di PLTU Kumai, Kotawaringin Barat (Kobar), Senin (13/6/2016) dini hari, proses penggantian panel yang rusak langsung dilaksanakan teknisi PLN Pangkalan Bun.

"Hingga saat ini perbaikan sudah mencapai 90 persen. Semoga tidak ada kendala lain selama penggantian panel.  Sehingga suplai listrik dari PLTU bisa masuk dalam sistem jaringan kelistrikan dan pemadaman bergilir bisa segera ditiadakan," kata Manager PLN Rayon Pangkalan Bun, Purwanto, di Pangkalan Bun, Rabu (15/6/2016) siang.

Purwanto menjelaskan saat ini teknisi sedang melakukan sinkronisasi kontrol panel yang baru dipasang. Dengan begitu, kata dia, panel tersebut bisa dioperasikan dari dua control room di bagian atas dan bawah. Ia memperkirakan kerusakan panel CB tersebut akibat lembabnya udara yang disebabkan oleh adanya genangan air di gorong-gorong jalur kabel.

"Walaupun setiap hari dilakukan pengecekan di gorong-gorong tersebut, namun rupanya ada air yang  merembes masuk di tempat itu. Akibatnya  udara di bawah panel CB menjadi lembab. Sebelumnya panel tersebut juga sempat mengalami kerusakan sekitar Maret 2016. Karena itulah saat ini tiga panel yang mengalami kerusakan sudah diganti dengan panel baru yang dikirim PLN Area Palangka Raya," jelasnya. (WAHYU KRIDA/N).

Berita Terbaru