Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Lamandau Mantapkan Persiapan Idul Fitri 2016

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 30 Juni 2016 - 12:00 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau memastikan persiapan Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriyah, di Lamandau sudah matang. Pemkab Lamandau menggelar rapat koordinasi (rakor) untuk pemantapan persiapan peringatan Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriyah, di Aula Setda Lamandau, Rabu (29/6/2016). Rakor digelar setiap menghadapi perayaan hari besar keagamaan pada umumnya, termasuk lebaran 2016.

"Secara umum persiapan menjelang Hari Raya Idul Fitri 2016 telah berjalan matang. Saya minta semua pihak terus menjalin koordinasi intensif, sehingga jika ada perubahan kegiatan dan ada hal-hal yang sekiranya akan mengganggu kelancaran idul fitri nanti dapat dicarikan solusinya dengan cepat," kata Wakil Bupati Lamandau, Sugiyarto yang memimpin rakor tersebut.

Dalam rakor yang dipimpin Wakil Bupati Lamandau, H. Sugiyarto itu, hadir sejumlah pihak. Mulai dari SKPD terkait, Kepolisian, TNI, Kementerian Agama, MUI, FKUB, PHBI hingga sejumlah ormas keagamaan di Bumi Bahaum Bakuba. Dalam forum tersebut juga, masing-masing pihak diminta mengemukakan pendapat, ide, rencana dan gagasannya dengan harapan semuanya dapat melaksanakan tugas dan fungsi, tidak bertabrakan satu sama lain.

Seperti tahun sebelumnya, Ketua PHBI Lamandau, HM. Gujaliansyah, juga memastikan dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 2016  ini pihaknya akan melaksanakan kegiatan Takbir Keliling. Kegiatan ini dipastikan  melibatkan banyak komponen masyarakat hingga para remaja masjid. Untuk pengamannya, Takbir keliling nantinya akan mendapatkan pengawalan berbagai pihak terkait, mulai dari Polres Lamandau melalui Satlantasnya, Satpol PP dan juga Dishubkominfo Lamandau.

Ketua MUI Lamandau H. Gusti Sabran, juga telah mengkoordinasikan semua agenda, termasuk pelaksanaan pembagian Zakat Fitrah yang dipastikan akan selesai tersalurkan sebelum salat Idul Fitri 1437 Hijriyah.

Sementara itu, Kapolres Lamandau, AKBP Johanes Pangihutan Siboro, menegaskan, Polres Lamandau akan all out melakukan pengamanan pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri. Pada saatnya nanti, anggotanya dipastikan stanby untuk disebar ke sejumlah tempat/rumah ibadah, mulai dari malam takbir hingga pelaksanaan shalat ied.

"Kami (Polres) juga memastikan siap bekerjasama dengan sejumlah pihak seperti halnya FKUB dan ormas keagamaan untuk melakukan pengawalan dan pengamanan pelaksanaan idul fitri hingga selesai. Apalagi, kepolisian juga telah memiliki mekanisme sendiri dalam pengamanan Hari Raya Idul Fitri dengan adanya program Operasi Ramadaniya," terangnya.

Di sisi lain, Wakil Ketua DPRD Lamandau, FX Perwiragarto, mengakui cukup bangga atas semua kelancaran persiapan jelang hari Raya Idul Fitri mendatang. Dirinya juga mengaku senang akan kian dewasanya toleransi antar umat beragama di tengah-tengah masyarakat di Lamandau yang terus terjaga dengan harmonis. (HENDI NURFALAH/N).

Berita Terbaru