Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BLH Kotawarigin Barat Periksa Sempel Air PT BJAP ll

  • Oleh Cecep Herdi
  • 05 September 2016 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kobar, Senin (5/9/2016) mulai memeriksa kandungan yang ada pada air sungai dari wilayah perusahaan kelapa sawit PT BJAP ll. Air yang mengalir dari PT BJAP ll di Kecamatan Arut Utara Kabupaten Kotawarigin Barat itu diduga tercemar limbah hasil produksi buah kelapa sawit. Air yang berwarna hitam dan berbau menyengat itu mengalir hingga ke sungai Arut.

"Sampel air ini akan kami periksa dulu di laboratorium, hasilnya akan keluar minal lima hari ke depan," ungkap Kepala BLH Kobar Fahrizal Fitri di ruang kerjanya, Senin (5/9/2016).

Secara kasat mata dan prediksi panca indra penciuman, air yang dikemas dalam dua botol minuman itu baunya begitu menyengat, dan diperkirakan itu adalah limbah. "Nanti kita periksa dulu, tidak boleh menduga-duga,"

Ia mengakui, hasil pengolahan limbah harus berada pada potential of Hydrogen (pH) 6 sampai 9 supaya aman untuk lingkugan. "Baku mutu, limbah ini aman untuk lingkungan pada pH 6 sampai 9. Nilai tersebut diluar air untuk konsumsi ya, karena beda," kata Fahrizal Fitri. (CECEP HERDI/m)

Berita Terbaru