Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

RPJMDes Empat Desa di Pulang Pisau Dipresentasikan di Kemendagri

  • Oleh James Donny
  • 08 September 2016 - 14:06 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Rencana pembangunan jangka menengah desa (RPJMDes) empat desa di Kabupaten Pulang Pisau dipresentasikan di Kementerian Dalam Negeri Bidang Desa. Keempat desa itu, Desa Gohong, Kecamatan Kahayan Hilir, Desa Pamarunan, Kecamatan Kahayan Tengah, Desa Bawan Kecamatan Banama Tingan dan Desa Tumbang Nusa Kecamatan Jabiren Raya.

"Keempat desa yang dimaksud, Desa Gohong Kecamatan Kahayan Hilir, Desa Pamarunan, Kecamatan Kahayan Tengah, Desa Bawan Kecamatan Banama Tingan dan Desa Tumbang Nusa Kecamatan Jabiren Raya," kata Kepala Desa Gohong, Yanto L Adam, Kamis (8/9/2016).

Untuk Desa Gohong kata Yanto, hasil hasil persentase cukup baik namun ada beberapa catatan di antaranya untuk disempurnakan. Pasalnya RPJMDes Desa Gohong kata dia baru disahkan karena direvisi terkait peraturan pemerintah desa dan perbedaan  anggaran dana desa tahun 2015 dan 2016, sehingga perlu ada perubahan.

RPJMDes Desa Gohong tahun 2016-2021 kata dia disahkan pada Musrembang tanggal 27 Agustus 2016 lalu. Penyusunan RPJMDes Desa Gohong ini didampinggi juga oleh tim dari USAID Lestari, terkait dengan adanya pengelolaan hutan desa. Bahkan dalam penyusunannya proses RPJMDes berjalan cukup panjang dan a lot, namun aspirasi berhasil disepakati dari tujuh RT yang ada dikumpulkan dan dibagi menjadi 3 kelompok.

Dijelaskannya juga bahwa RPJMDes Desa Gohong melibatkan semua lapisan masyarakat yang dibentuk dalam tim yang turun langsung ke masyarakat mengumpulkan data-data yang menjadi kebutuhan dan keinginan masyarakat dalam pembangunan 6 tahun ke depan, baik bembangunan di bidang infrasruktur, ekonomi masyarakat, sosial budaya dan pembangunan sumber daya manusia (SDM) dan lainnya.

Meski hanya dikerjakan dalam waktu sepuluh hari saja kata Yanto, penyusunan RPJMDes benar-benar dilakukan secara transparan dan berpihak kepada masyarakat.Penyusunan RPJMDes Desa Gohong mengatakan, penyusunan RPJMDes ini berjalan lancar sesuai dengan target yang telah di tentukan, dimana tim ini bekerja mulai dari tingkat bawah mengumpulkan aspirasi masyarakat dan membahasnya di tingkat RT sebelum di bawa Musrembang untuk di sahkan. (JAMES DONNY/N).

Berita Terbaru