Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Luas Perkebunan Sawit di Gunung Mas Lebih dari 200 Ribu Hektare

  • 14 September 2016 - 12:51 WIB

BORNEONEWS, Gunung Mas - Luas perkebunan kelapa sawit, di Gunung Mas, lebih dari 200 ribu hektare. Perkebunan kepala sawit oleh perusahan besar swasta (PBS) di Gumas, sejak 2003 sudah mencapai 206.442,1 hekare. Sejauh ini masih banyak PBS yang belum melakukan kegiatan.

'Perkebunan kelapa sawit yang dikelola perusahan besar swasta seluas 206.157,1 hektare, perkebunan kelapa sawit swadaya murni masyarakat tanpa bantuan pemerintah seluas 1.054 hektare dan perkebunan kelapa sawit murni masyarakat dengan bantuan pemerintah seluas 1.231 hektar,' ungkap Bupati Gumas, Arton S Dohong saat peresmian pabrik crude palm oil (CPO) milik PT Tantahan Panduhup Asi, belum lama ini.

Arton S Dohong menyampaikan, jumlah PBS di wilayah kabupaten bermoto bumi bahangkalan penyang karuhei tatau sebanyak 21. Jumlah tersebut terdiri dari 11 PBS yang sudah operasional di lapangan dan 10 PBS yang belum operasional di lapangan. Artinya masih cukup banyak PBS yang belum melakukan kegiatan.

'Misi Pemerintah Kabupaten Gunung Mas dibidang perkebunan yakni meningkatkan pemberdayaan dan daya saing ekonomi rakyat dan meningkatkan pengendalian, pengelolaan dan pendayagunaan sumber daya alam secara serasi, seimbang dan lestari,' cetusnya.

Arton melanjutkan, saat ini kusus di bidang perkebunan. Pemerintah Kabupaten Gumas telah melakukan upaya untuk mewujudkan pembangunan perkebunan melalui perusahan besar kelapa sawit. Hal itu dilakukan, terang Arton, mengingat regulasi perkebunan dan pertanahan serta kondisi Kabupaten Gumas yang berada di kawasan hutan.

'Sehingga bila tidak dilakukan antisipasi akan kesulitan dalam memenuhi prinsip dan kriteria ISPO berlandaskan pada prinsip kelestarian lingkungan dan usaha berkelanjutan budidaya kelapa sawit,' ucapnya.

Pada kesempatan itu, Arton mengingatkan, didalam pembangunan perkebunan kelapa sawit di Gumas. Pihak perusahan senantiasa berkoordinasi dengan instansi terkait, sehingga terjadi sinergisitas. Hal tersebut agar apa yang di cita-citakan yakni masyarakat Gumas yang sehat, cerdas, sejahtera dan bermartabat dapat terwujud.

'Saya harapkan kepada PBS kepala sawit dapat melakukan pembinaan usaha bagi kebun masyarakat yang ada disekitarnya,' pesan Bupati Gumas.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Gumas Letus Guntur menambahkan, pihaknya juga akan terus berupaya mendorong untuk  mewujudkan perkebunan kelapa sawit berkelanjutan di wilayah Kabupaten Gumas. (EPRA SENTOSA/N).

Berita Terbaru