Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dua Menteri Bakal Kunjungi Kabupaten Gunung Mas

  • 15 September 2016 - 22:59 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun -- DUA menteri dalam jajaran kabinet kerja yakni Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Repunlik Indonesia (RI) Puan Maharani dan Menteri Kesehatan RI Nila F Moeloek, direncanakan akan mengunjungi Kabupaten Gunung Mas (Gumas). Kunjungan tersebut untuk menghadiri pencanangan bulan eliminasi kaki gajah (BELKAGA) di Kabupaten Gumas, 1 Oktober 2016.

Demikian disampaikan Asisten I Sekretrariat Daerah (Setda) Kabupaten Gumas Suprapto Sungan ketika dibincangi wartawan usai rapat pembentukan panitia pencanangan bulan eliminasi kaki gajah (BELKAGA), di lantai II kantor Bupati Gumas, Rabu (14/9/2016) siang.

'Ini merupakan rapat yang pertama berdasarkan SK Bupati tentang pembentukan panitia persiapan penyambutan Menteri Kesehatan dan Menteri PMK. Rencannya pada 1 Oktober dalam rangka eliminasi kaki gajah yakni makan obat bersama masyarakat untuk pencegahan penyakit kaki gajah,' kata Suprapto.

Menurut Suprapto, dalam rapat yang telah dilakukan pihaknya membahas jadwal kunjungan dua menteri tersebut. Menurut rencana, terang dia, Menteri Kesehatan dan menteri PMK berangkat dari Jakarta pada pukul 05.00 WIB ke Palangka Raya. Kemudian, dari Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya menggunakan pesawat Susi Air menuju Bandara Kuala Kurun.

'Diharapkan bisa tiba di Gunung Mas pada pukul 08.30 WIB,' ucapnya.

Kemudian di Bandara Kuala Kurun dua menteri akan disambut Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran dan Bupati Gumas Arton S Dohong serta pejabat lainnya. Dari bandara dilanjutkan perjalanan ke rumah jabatan Bupati Gumas dan sarapan pagi.

'Kemudian rombongan meluncur ke tempat acara di taman kota Kuala Kurun dan dilaksanakan acara seremonial, serta penyerahan bantuan kepada masyarakat yang diterima bapak bupati dan makan obat bersama (obat pencegah penyakit kaki gajah) yang dipimpin Menteri Kesehatan,' terang dia.

Setelah kegiatan di taman kota, dilanjutkan peninjauan di Rumah Sakit Umum Daerah Kuala Kurun. Kemudian, lanjut dia, kembali ke rujab Bupati Gumas untuk makan siang dan dialog antara Menteri PMK dan Menkes dengan para bupati mau pun wali kota yang hadir.

'Setelah itu rombongan Menteri akan menyaksikan makan obat bersama di Puskesmas Tampang Tumbang Anjir dan meninjau pembangunan WC keluarga atau MCK di Kelurahan Tampang Tumbang Anjir untuk keluarga kurang mampu. Setelah itu rombongan Menteri menuju Bandara Kuala Kurun untuk ke Palangka Raya dan kembali ke Jakarta,' tukasnya.

Sementara itu Kepala Bidang PMK Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng Endang Sri Lestari Narang mengharapkan, semua kegiatan dalam rangka eliminasi penyakit kaki gajah dan kunjungan menteri di Gumas dapat berjalan dengan lancar seperti yang diharapkan.'Penyakit kaki gajah adalah penyakit yang kronis yang akibatnya cukup panjang untuk itu dilakukan pencegahan massal dengan minum obat bersama,' ucap dia. (EP/*)

Berita Terbaru