Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Awas, Beberapa Bagian Tubuh Ini Rentan Cidera Parah Bila Dipukul

  • Oleh Wahyu Krida
  • 27 Januari 2017 - 13:59 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pukulan pada bagian tubuh manusia, terutama pada bagian tertentu memang berpotensi membuat cidera fatal hingga menyebabkan kematian bagi manusia yang menerimanya.

Pukulan yang dilayangkan kepada bagian fatal inilah yang diduga menjadi penyebab tewasnya mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta saat mengikuti diklat pencinta alam.

Padahal untuk cabang olahraga bela diri yang tentunya saling beradu pukulan, ada bagian-bagian tertentu yang sangat dilarang untuk dipukul.

"Pada olahraga beladiri yang melakukan full body contact, sangat dilarang untuk memukul bagian perut, leher dan kepala. Bagian boleh dipukul atau ditendang hanya bagian dada dan paha," jelas Ketua Pengurus lembaga Karate-Do Indonesia (Lemkari) Cabang Kotawaringin barat (Kobar) yang juga Direktur RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun Suyuti Syamsul, Jumat (27/1/2017).

Tetapi, lanjut Suyuti, bagian tubuh yang menjadi sasaran pukulan tersebut juga dilindungi oleh perisai khusus agar tidak menimbulkan cidera parah.

"Bahkan bila ada yang melakukan injakan pada bagian perut terhadap atlet karate yang telah terjatuh, maka yang melakukannya bakal didiskualifikasi," jelasya. (WAHYU KRIDA/B-5)

Berita Terbaru