Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Cilegon Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Dilarang Konsumsi Air Sungai Katingan, Ini Alasannya

  • Oleh Abdul Gofur
  • 17 Februari 2017 - 22:06 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Katingan meminta warga untuk tidak mengonsumsi air dari Sungai Katingan. Sebab, di sungai tersebut ada pencemaran, tetapi skalanya masih ringan. 

"Iya dari hasil uji laboratorium yang kita lakukan sebelumnya menunjukkan kalau air Sungai Katingan ini mengalami pencemaran ringan," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Katingan, Hap Baperdo, Jumat (17/2/2017).

Pencemaran ringan ini artinya, kata Hap Baperdo bahwa air Sungai Katingan ini sudah tidak layak untuk dikonsumsi manusia. Pasalnya, selain mengandung sejumlah zat berbahaya, kondisi air sungai yang ada juga keruh dan kotor.

"Meski air Sungai itu direbus pun maka akan tetap ada kotoran yang ikut. Sebab sifat air sungai yang ada meski diendapkan lebih dulu. Tapi hanya sedikit korotan yang bisa mengendap, lainnya tidak bisa," katanya.

Makanya pihak DLH Katingan tidak merekomendasikan air Sungai Katingan ini untuk dikonsumsi.

"Kecuali air yang ada diolah terlebih dahulu, misalnya disaring, namun karena bahan bakunya sudah kategori pencemaran ringan, maka akan sulit untuk mengubah air sungai ini untuk bisa diminum," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/B-11)

Berita Terbaru