Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekarang Harga Ayam Rp35 Ribu Per Kg, Tapi Harga Anak Ayam Rp10 Ribu Per Ekor

  • Oleh Testi Priscilla
  • 04 Mei 2017 - 23:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Saat ini harga daging ayam ras dipasaran mencapai Rp35 ribu per kilogram. Padahal saat ini belum memasuki bulan puasa. Lebih-lebih saat bulan puasa dan mendekati Lebaran nanti, harga daging ayam diprediksi bisa lebih tinggi dari saat ini. Hal itu disebabkan kebutuhan masyarakat akan daging ayam semakin banyak sedangkan stok yang tersedia cenderung masih sama.

Sementara itu, ada pula peternak yang menjual anakan ayam seharga Rp10 ribu per ekor. Hal ini dipandang sebagai peluang oleh Padli (39 tahun), warga Jalan Tingang, Palangka Raya. Sebagai penjual sayur keliling, Padli berpengalaman dengan harga kebutuhan pokok, terutama menjelang hari besar keagamaan. Sehingga, ia menyiasati keadaan itu dengan memelihara ayam mulai dari anakan. Tujuannya, saat harga daging ayam mahal, ia tidak perlu membeli ayam potong di pasar.

"Saya beli di pasar burung. Kan ada juga yang jual anak ayam, Rp10 ribu satu ekornya. Saya pikir lumayan kan untuk persiapan Lebaran," tutur Padli kepada Borneonews, Kamis (4/5/2017).

Padli menyebut jika dihitung-hitung, pengeluaran untuk menghidupi ayam kampung selama kurang lebih 2 bulan atau hingga Lebaran tidaklah sebesar jika ia harus membeli ber daging ayam ras di pasar untuk memenuhi kebutuhan Lebaran nanti.

"Sekarang saja harga ayam sudah Rp35 ribu per kg, apalagi kalau waktu Lebaran nanti. Tahun lalu saja sempat sampai Rp55 ribu per kg. Itu ayam ras lo, ayam kampung lebih mahal lagi. Nah yang saya pelihara ini ayam kampung," tutur Bapak satu anak ini.

Terlebih, lanjut Padli, perawatan ayam kampung tidaklah susah. Hanya tinggal memberi makan. Makanannya pun bisa diatur oleh pemelihara karena memang dirawat sejak masih anakan.

"Makan mereka ini hanya nasi saya campur dedak. Itu saja. Nanti pas Lebaran dipotong untuk menjamu tamu dan dimakan bersama," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/B-3)

Berita Terbaru