Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pencari Kerja di Sukamara Didominasi Lulusan SMA

  • Oleh Norhasanah
  • 24 Mei 2017 - 17:40 WIB

BORBEONEWS, Sukamara - Pencari kerja di Kabupaten Sukamara didominasi lulusan sekolah menengah atas (SMA) sederajat.

Hal tersebut dikatakan Kepala Bidang Ketenaga Kerjaan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sukamara, Ali Iswandi, Rabu (24/5/2017).

"Sejak diumumkannya kelulusan di tingkat SMA, anak-anak remaja mulai ramai membuat kartu pencari kerja atau kartu kuning (AK-1)," kata Ali Siwandi.

Menurut Dia, sejak bulan April hingga Mei 2017 sudah ada 19 orang pencaker dengan latar belakang pendidikan yang berbeda, namun dari yang ada saat ini sebagain besar didominasi oleh pendidian tingkat SMA.

"Untuk pendidkan SMA yang membuat AK-1 ada sebanyak 11 orang, dan sisanya diisi oleh pendidkan SLTP dan serjana," tuturnya.

Lanjut Ali, rincian untuk jumlah pencari kerja di luar pendidikan SMA dalam 2 bulan ini adalah dari lulusan Diploma III (D3) sebanyak 2 orang, pendidikan D4 sebanyak 2 orang dan pendidikan S1 sebanyak 3 orang.

"Untuk yang membuat kartu kuning diperkirakan akan terus bertambah, karena jumlah pelajar yang lulus setiap tahunnya akan semakin banyak sehingga persaingan kerja semakin ketat," tuturnya. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru