Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Inspektorat Kalteng Kumpulkan 22 SOPD Pemeriksaan Reguler

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 25 Juli 2017 - 14:02 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Sebanyak 22 satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) dikumpulkan, Selasa (25/7/2017). Mereka akan dilakukan pemeriksaan reguler 2017.

Ke-22 SOPD ini terdiri dari 21 SOPD dinas/badan ditambah satu biro di sekretariat daerah. Pemeriksaan reguler ini dilakukan oleh inspektorat setiap tahun.

'Mereka akan diperiksa, dalam hal pembinaan dan pendampingan. Kita bukan momok, tetapi pendamping supaya audit keuangan dan aset terutama, bisa memberikan penyajian laporan yang tepat,' ungkap Kepala Inspektorat Kalteng, Saidina Aliansyah di Aula Inspektorat Kalteng.

Mengenai apa saja yang akan dilakukan pemeriksaan reguler ini Saidina menjelaskan ada empat hal yang menjadi titik tekan yaitu tentang sumber daya menusia (SDM)-nya, kepegawaian, pencatatan aset, dan pelaporan keuangan.

Sementara itu Wakil Gubernur Kalteng Habib Said Ismail dalam stressingnya mengatakan, agar seluruh SOPD tidak lagi selalu didapati temuan berulang.

Artinya,saat audit tahun lalu atau tahun-tahun sebelumnya, kembali menjadi temuan lagi pada audit tahun berikutnya. 'Jangan sampai temuan berulang yang itu-itu terus. Peran inspektorat harus memberikan pembinaan,' katanya. (ROZIQIN/B-6)

Berita Terbaru