Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penyaluran Dana PIP Bagi Murid SD Dan SMP Kini Melalui Perbankan

  • Oleh Ramadani
  • 09 Oktober 2017 - 14:50 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Utara menjalin kerja sama dengan pihak perbangkan untuk menyalurkan dana Program Indonesia Pintar (PIP).

'Kita menggandeng pihak perbankan dalam rangka penyaluran dana Program Indonesia Pintar tersebut. Dan para kepala sekolah penerima dana PIP telah mendapat sosialisasi tentang hal itu,' kata Kepala Dinas Pendidikan Barito Utara Masdulhaq, Senin (9/10/2017).

Ia menyebutkan, nominal dana PIP per tingkatan sekolah tidak sama. Untuk murid SD sederajat mendapat sebesar Rp450 ribu per tahun, sedangkan pelajar SMP sederajat menerima Rp750 ribu per tahun.

Ia berharap, melalui kerja sama dengan perbankan, proses aktivasi rekening simpanan pelajar bisa kian cepat. Para kepala sekolah juga harus lebih proaktif, termasuk mengawasi agar nilai uang yang menjadi hak para peserta didik sampai ke tangan mereka dengan mengalihkannya lewat virtual account ke rekening simpanan pelajar.

'Kami meminta para kepala sekolah untuk mempercepat progres pencairan bantuan PIP. Sekaligus melakukan aktivasi rekening peserta didik dalam bentuk rekening pelajar. Karena masih banyak siswa belum dapat mencairkan rekening yang sudah menjadi hak mereka,' ujar Masdulhaq.

Ia juga mengimbau, penerima PIP untuk segera melaporkan kartu mereka yang disebar oleh ketua RT kepada pihak sekolah, sehingga dapat diusulkan melalui program Data Pokok Kependidikan (Dapodik).

'Bila hanya disimpan dan tidak dilaporkan, siswa tidak akan mendapatkan SK pembayaran dari Kemendikbud,' katanya.

Masdulhaq menuturkan, tujuan pemerintah pusat menyalurkan PIP ialah agar keluarga miskin dapat menyekolahkan anak usia 7-18 tahun. Bantuan diberikan dalam bentuk uang tunai sehingga bisa juga digunakan untuk memenuhi kebutuhan kegiatan pembelajaran, dan menuntaskan wajib belajar sembilan tahun. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru