Pertemuan Dengan DPRD Hulu SUngai Utara Dan Tanah Laut Untuk Saling Tukar Informasi

  • Oleh Testi Priscilla
  • 13 Oktober 2017 - 10:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi A DPRD Kota Palangka Raya Beta Syailendra, mengatakan bahwa saat menerima kunjungan kerja dua DPRD kabupaten pada Kamis (12/10/2017), yakni DPRD Hulu Sungai Utara dan DPRD Tanah Laut, pihaknya berkesempatan bertukar informasi dengan para wakil rakyat dari provinsi tetangga tersebut.

Menurutnya, inti dari kunjungan kerja itu memang untuk saling tukar informasi terkait sejumlah topik.

"DPRD Hulu Sungai Utara melakukan kunjungan kerja dengan membawa topik terkait kesehatan. Sedangkan DPRD Tanah Laut mempertanyakan topik terkait penanggulangan bencana daerah, dalam hal ini menjadi tupoksi dari BPBD. Sudah kita jelaskan bahkan dari unsur instansi terkait seperti dari pihak kesehatan, maupun BPBD kota, turut memaparkan capaian, mekanisme, maupun hambatan dalam pelaksanan teknis kerja. Intinya kita tukar informasi," sebut Beta, Jumat (13/10/2017).

Menurutnya, ada sejumlah perbedaan mendasar dalam pelaksanaan maupun kewenangan sistem kerja pemerintahan di dua kabupaten asal Provinsi Kalsel itu. Seperti di Kabupaten Tanah Laut, Damkar tergabung dengan Dinas Satuan Polisi Pamong Praja, sedangkan di Palangka Raya Dinas Damkar dan Penyelamatan berdiri sendiri meski dulunya satu atap dengan BPBD.

"Tadi dijelaskan pihak BPBD bahwa posisi Damkar mengatur kewenangan dinasnya tersendiri. Meskipun secara koordinasi dalam hal penanganan dan penanggulangan bencana, tetap ada tali koordinasi antarkeduanya. Informasi saja untuk peserta kunker," tutup Beta. (TESTI PRISCILLA/B-3)

Berita Terbaru