Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Geng Pelajar Bentuk Awal Bibit Kriminal

  • Oleh Naco
  • 11 Januari 2018 - 19:52 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil Ketua Komisi III DPRD Kotawaringin Timur, Abdul Sahid menilai keberadaan geng pelajar maupun remaja di Kotim yang kerap kali membuat masalah, sebagai bentuk bibit kriminalitas. 

Dia prihatin melihat sejumlah fenomena kenakalan remaja saat ini. Salah satunya dengan membentuk geng dan komunitas yang berprilaku negatif. Hal ini tentunya jadi perhatian bersama dan jangan dianggap enteng karena bisa saja menyebabkan persoalan serius di kemudian hari.

Munculnya geng seperti ini secara masif karena sebelumnya pemerintah daerah masih belum berperan makismal. Di satu sisi polisi dalam penindakan juga terkendala aturan perundang-undangan, karena mereka masih di bawah umur.

Kenakalan remaja yang kian menjadi saat ini merupakan awal dari pembentukan geng atau kelompok. "Jangan kita anggap enteng dan remeh karena ini sudah jelas  muncul bibit-bibit pelaku kriminal, jika tidak dibina dengan baik dan ketat,” kata Sahid, Kamis (11/1/2018).

Lanjut Sahid, di balik munculnya aksi semacam ini, ada peran pembinaan dari pemerintah daerah untuk memikirkan formulasi mencegah sedini mungkin agar tidak muncul aksi tawuran antar pelajar atau remaja.


"Selain itu kami juga meminta seluruh ketua RT dan RW bisa membubarkan secara paksa jika di lingkungan sekitarnya ada aksi geng atau menjadi termpat berkumpul. Sebab dengan demikian maka tidak ada tempat untuk pembentukan cikal bakal aksi premanisme di Kota ini," tegasnya.(NACO/B-11)

Berita Terbaru