Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Manfaat Kemitraan Plasma Tanah Kas Desa

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 21 Januari 2018 - 00:46 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik- Manajemen Citra Borneo Indah (CBI) Group melalui perwakilannya, Hendra Lesmana, baru saja meresmikan kerja sama kemitraan plasma Tanah Kas Desa (TKD) dengan Pemerintah Desa Purwareja, Kecamatan Sematu Jaya, Kabupaten Lamandau pada Sabtu (20/1/2018).

Dalam kesempatan itu, Hendra Lesmana menjelaskan beberapa manfaat yang akan didapat pemerintahan desa dari bentuk kemitraan plasma TKD itu. Di antaranya membangunkan lahan tidur milik desa sehingga bernilai ekonomi.

"Jika sebelumnya tanah kas desa itu hanya berupa lahan tidur, dengan dimitrakan ini nantinya justru akan menjadi sumber ekonomi yang berkontribusi terhadap pendapatan asli desa," sebut dia.

Hendra juga menyebut, pola kemitraan yang dibangun sangat sehat dan transparan. Karena bentuknya justru memposisikan masyarakat desa sebagai owner atau pemilik serta pemerintah desa sebagai pengelola.

"Dalam praktik kemitraannya, perusahaan (CBI Group) membantu seluruh proses dari mulai pembukaan lahan, penyiapan bibit, penanaman, pemupukan hingga tanamannya produktif. Semua biayanya ditanggung perusahaan. Nah, adapun pola pengganti biayanya nanti dilakukan dengan cara mengangsur, yakni diangsur 30% dari hasil panen di tiap bulannya. Angsuran tersebut dilakukan hingga total modal biaya kemitraan lunas tanpa adanya beban bunga sepeserpun," kata dia.

Lebih jauh Hendra Lesmana mencontohkan, suksesnya kemitraan plasma TKD CBI group kini sudah bisa dirasakan masyarakat dan Pemerintah Desa Mekar Mulya (SP6), Kecamatan Sematu Jaya.

Di mana, dari kemitraan TKD, saat ini telah menghasilkan pendapatan asli desa dengan hasil bersih di kisaran Rp200 juta per tahun.

"Pengelolaan plasma TKD yang telah berjalan di Desa Mekar Mulya dilakukan dengan pola BUMDes (Badan Usaha Milik Desa), sehingga desanya punya pendapatan tetap cukup besar. Dari pendapatan tetap itu tentu sangat menyokong permodalan bagi berbagai bentuk pembangunan di desa," sebutnya.

Berita Terbaru