Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PKK Seruyan Upayakan Kerajinan Lokal Jadi Produk Unggulan

  • Oleh Fredy Mansyur Huda
  • 01 Maret 2018 - 08:14 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Seruyan berupaya mengembangkan kerajinan lokal jadi produk unggulan.

“Potensi kerajinan Seruyan banyak, sehingga perlu terus dikembangkan menjadi produk unggulan daerah agar dapat menambah pendapatan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Ketua TP-PKK Seruyan Natalin Florentin.

Natalin yang juga istri Penjabat sementara (Pjs) Bupati Seruyan Leonard S Ampung mengatakan, pihaknya sudah melakukan pertemuan dengan Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Diskoperindag UMKM) untuk merencanakan pengembangan kerajinan yang ada di Seruyan.

“Kita memang sudah melakukan pertemuan dengan pihak Diskoprindag, dan bulan depan kita berencana untuk mengunjungi beberapa kecamatan untuk melihat langsung potensi kerajinan yang bisa munculkan,” katanya.

Menurutnya, setelah melihat sejumlah kerajinan daerah seperti batik pipih khas Seruyan, anyam-anyaman dari rotan dan rumput purun yang sebenarnya memiliki kualitas sangat baik serta tidak kalah dari produk kerajinan daerah lain.

Termasuk aneka olahan pangan lokal dengan cita rasa khas berbeda dari daerah lain.

“Pengembangan produk lokal ini memang masih menemui kendala, karena itu nanti akan coba kita cari jalan keluar sehingga dapat dikembangkan,” terangnya.

Ia menambahkan, untuk mengembangkan kerajinan lokal yang berkualitas dan memiliki daya saing pasar diperlukan sumber daya manusia, terutama pengrajin lokal yang kreatif serta inovatif.

Karena itu, tidak menutup kemungkinan TP-PKK bersama dengan para pengrajin lokal akan melakukan studi banding ke daerah lain yang telah berhasil mengembangkan kerajinan daerahnya, sehingga pengrajin yang ada di Seruyan bisa belajar dan berlatih cara mengolah kerajinan yang lebih baik.

“Kerajinan di Seruyan sudah bagus, tinggal bagaimana memberi sentuhan, kreasi dan inovasi menjadi lebih baik dan lebih menarik agar dapat bersaing dengan daerah lain,” katanya. (FREDDY MANSYUR HUDA/B-5)

Berita Terbaru