Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Barito Utara Minta Kepala Desa Berinovasi

  • Oleh Ramadani
  • 14 Maret 2018 - 18:06 WIB

BORNEONEWS, MuaraTeweh - Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara, Mustafa Joyo Muchtar meminta kepada para kepala desa (kades) di Kabupaten Barito Utara supaya dapat berinovasi dalam membangun desa. 

"Pemerintah sekarang sudah mengubah sistem pembangunan yang diawali dari pedesaan baru ke perkotaan. Sebab pedesaan merupakan bagian terdepan pembangunan di Indonesia. Oleh sebab itu, bila desa itu maju maka Indonesia juga maju," kata Mustafa, Rabu (14/3/2018) 

Dikatakannya, sekarang ini anggaran lebih banyak digelontorkan ke pemerintahan desa (Pemdes). Maka dari itu, Pemdes harus pandai memanfaatkan anggaran tersebut untuk kesejahteraan masyarakat.

"Sehingga tidak ada alasan lagi bagi desa tidak dapat membangun desanya. Sebab anggaran nya sudah ada. Oleh karena itu, Kades harus bisa berinovasi dalam membuat perencanaan pembangun desa. Masing-masing desa harus memikirkan apa yang menjadi ciri khas dari suatu desa itu, sehingga begitu orang masuk ke desa tersebut akan memiliki daya tarik," tegas politisi Partai Gerindra ini. 

Ia mencontohkan di beberapa daerah di Indonesia telah banyak inovasi seperti membuat kampung wisata, kampung kuliner, desa buah-buahan dan lain-lain.

"Jadi dalam pembangunan itu tidak hanya infrastruktur saja, akan tetapi mesti ada upaya peningkatan ekonomi masyarakat desa. Maka dari itu, saya berharap kerjasama para kades bersama aparaturnya dengan pihak kecamatan supaya bisa melahirkan gagasan. Untuk itu harus ditingkatkan koordinasi supaya program-program desa dapat dijalankan," jelasnya. (RAMADHANI)

Berita Terbaru