Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tahun Depan Seruyan Pasang 12 Tower Telekomunikasi

  • Oleh Tim Borneonews
  • 12 Juli 2018 - 07:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Kabar gembira bagi masyarakat di Seruyan terutama di wilayah hulu kabupaten tersebut yang hingga kini masih minim akses telekomunikasi. Karena rencananya tahun depan pemerintah akan membangun 12 tower Base Transceiver Station (BTS).

"Kita mendapatkan sinyal positif dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk pembangunan tower BTS sebanyak 12 unit pada 2019 mendatang," kata Sekda Seruyan Haryono, kemarin.

Pembangunan BTS sejalan dengan pelaksanaan program nasional yang menargetkan semua daerah terpencil bebas dari keterisolasian akses komunikasi. 

Pada 2018 ini, terang Sekda, sudah ada dua tower BTS yang dibangun di sejumlah kecamatan di hulu. Akan tetapi hal itu masih belum mencukupi dan mencakup seluruh wilayah kecamatan hingga desa di daerah setempat yang cukup luas. 

Maka dari itu, nantinya 12 unit BTS yang akan dibangun pada 2019 mendatang akan diprioritaskan di wilayah hulu seperti Kecamatan Seruyan Hulu, Suling Tambun dan beberapa desa di Kecamatan Seruyan Tengah yang belum terjangkau akses komunikasi.

"Serta nanti juga akan dipasang di Desa Sungai Perlu, Kecamatan Seruyan Hilir yang juga terisolir akses komunikasi yang memadai," jelasnya. 

Kemudian, imbuh Haryono, untuk pengelolaan BTS nanti pemerintah daerah menyerahkan kepada pemerintah pusat yang mana biasanya pengelolaannya diambil alih oleh perusahaan komunikasi atau provider seluler.   

"Provider apapun itu nanti yang mengelolanya terserah saja yang penting masyarakat kita dapat menikmati akses komunikasi di daerahnya," tandasnya.

Mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Seruyan tersebut menambahkan, alasan mengapa pembangunan tower BTS didominasi di daerah hulu.

Hal itu lantaran saat ini di daerah hulu di wilayah Kabupaten Seruyan masih banyak terdapat blank spot, sehingga masih sangat membutuhkan tower BTS.  

Berita Terbaru