Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Integrasi Sawit-Sapi Milik Sawit Sumbermas Sarana Jadi Perhatian ITB

  • Oleh Masrohan
  • 14 Juli 2018 - 06:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun -_Pengembangan Integrasi Sawit-Sapi PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS) menjadi perhatian mahasiswa pasca sarjana Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (SBM ITB). 

Rombongan mahasiswa yang dipimpinan Ketua Dewan SBM ITB Prof Dr Kuntoro Mangkusubroto dalam kunjungan selama dua hari (123-13 Juli 2018) ke SSMS juga berkunjung ke PT Sulung Ranch yang mengelola peternakan sapi. 

Kuntoro mengaku kagum dengan apa yang telah dilakukan oleh pemilik Citra Borneo Indah Grup H Abdul Rasyid AS yang telah melakukan program Integrasi Sawit-Sapi. 

Menurut dia, konsep Integrasi Sawit-Sapi ini awalnya dilontarkan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang saat itu dijabat oleh Dahlan Iskan. Namun konsep itu tidak berjalan. 

"Makanya kami kaget kalau Pak H Abdul Rasyid telah memiliki lebih dari 6.000 sapi yang dikelola dengan konsep Integrasi Sawit-Sapi,” kata mantan Kepala Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan Indonesia (2009–2014) itu kepada Borneonews, di Pangkalan Bun, Jumat (13/7/2018).

Menurut Kuntoro, dengan adanya Integrasi Sawit-Sapi ini akan terjadi siklus saling mendukung dan menguntungkan. Rumput di kebun sawit akan dimanfaatkan untuk pakan sapi sehingga tidak menggunakan bahan kimia untuk membersihkan gulma. Sedangkan kotoran sapi akan menjadi pupuk ramah lingkungan. (MASROHAN/m)

Berita Terbaru