Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekolah Gratis di Kotim Harus Terwujud Nyata

  • Oleh Naco
  • 14 Desember 2018 - 20:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi III DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) Sarjono menegaskan agar pelaksanaan pendidikan gratis untuk jenjang pendidikan dasar 9 tahun harus terwujud secara nyata.

Kata Sarjono, Pemkab Kotim mesti mengapresiasi jika ada sekolah yang benar-benar mentiadakan pungutan terhadap siswanya. Sehingga kebijakan bupati yang menggratiskan pendidikan itu memang terwujud secara nyata.

"Jangan sampai Bupati ke mana-mana menyebut pendidikan gratis tapi dalam praktiknya tidak dilakukan oleh sekolah," kata Sarjono, Jumat (14/12/2018).

Menurut Sarjono, tiap tahun ajaran baru misalnya sering kali didengar keluhan para orang tua kalau sekolah melakukan pungutan dengan berbagai macam alasan. Bahkan hingga kini tidak ada tindakan tegas terhadap itu semua.

Akibatnya tiap tahun pungutan itu seakan-akan jadi hal yang biasa. Dari itu jika ada sekolah yang benar menerapkan sekolah gratis patut diapresiasi.

"Semua kembali pada pemerintah daerah jika punya komitmen saya yakin sekokah tidak akan berani melakukan pungutan itu," tukas politisi partai Golkar itu.

Sarjono juga mendukung jika oknum yang tetap menarik pungutan itu diberi sanksi tegas. Karena pemerintah daerah sudah mengalokasikan anggaran untuk pendidikan jadi tidak ada alasan lagi pungutan itu untuk mendukung sarana dan prasarana sekolah. (NACO/B-5)

Berita Terbaru