Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Harus Rutim Awasi Jajanan Anak

  • Oleh Naco
  • 16 Desember 2018 - 15:02 WIB

BORNEONEWS, Sampit- Anggota Komisi II DPRD Kotawaringin Timur Cici Desiliya, mendesak pemerintah kabupaten melalui SOPD teknis, proaktif mengawasi jajanan pelajar di sekolah dasar (SD).

Sebab, tidak menutup kemungkinan ada pedagang jajanan di SD yang menggunakan bahan tak layak konsumsi.

Untuk mengantisipasi hal itu, perlu koordinasi dengan Balai Pengawasan Obat dan Makanan yang lebih intens. Sebab jajanan anak sekolah banyak yang mengandung tiga racun berbahaya yakni boraks, formalin, dan zat pewarna.

Menurut dia, anak-anak harus dijaga kesehatannya supaya jangan sampai di usia muda sudah kurang sehat. Sehingga kurang produktif membangun daerah ini di masa mendatang.

“Kami  mengharapkan besar peran aktif dari Pemkab Kotim mengawasi secara berkala  jajanan anak-anak pelajar di sekolah, terutama di tingkat sekolah dasar,” kaya Cici, Minggu (16/12/2018).

Pihak sekolah, lanjut dia, juga perlu hati-hati dan bekerja sama dengan penjual jajanan agar menjual makanan yang sehat. Ia khawatir ada penjual makanan dari luar daerah yang tingkat pengawasannya lemah.

"Untuk itu kami terus meminta pihak terkait melakukan berbagai langkah preventif demi kesehatan masyarakat, termasuk mengawasi pedagang atau penjaja makanan anak-anak," ucapnya.

Penjual jajanan anak di sekolah belakangan ini kian menjamur. Terkadang anak usia dini sulit membedakan makanan yang berbahaya dan yang sehat.

Begitu juga oknum pedagang, ada yang berusaha menekan biaya produksi sekecil mungkin demi mendapatkan keuntungan besar. Salah satu caranya dengan menggunakan bahan berbahaya. (NACO/B-3)

Berita Terbaru