Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pendamping Harus Jadi Pelopor Desa Produktif

  • Oleh Budi Yulianto
  • 26 November 2019 - 22:42 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pelaksana Tugas atau Plt Asisten III Setda Kalteng, Kaspinor mengingatkan seluruh Tenaga Pendamping Profesional Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa atau TPP P3MD harus mampu menciptakan suatu hal yang pasif menjadi produktif.

"Intinya pendamping itu bagaimana menciptakan suatu hal yang pasif menjadi produktif," kata Kaspinor usai membuka Jambore TPP P3MD se Kalteng, Selasa, 26 November 2019, petang.

Dia berharap, pendamping juga harus menjadi pelopor dan selalu berdampingan dengan pihak terkait, supaya bisa bersama-sama melihat potensi apa saja yang bisa dikembangkan di desa masing-masing.

"Yang tidak produktif jadi produktif, SDM yang tidak dikelola jadi dikelola. Pendamping desa juga perlu diberikan masukan untuk mencerna potensi di desanya itu," kata dia.

Oleh sebab itu, melalui jambore tersebut diharapkan menghasilkan kesamaan langkah pikiran untuk meningkatkan kinerja. Sehingga peran membangun desa lebih efektif dan efisien, demi kesejahteraan masyarakat menuju Kalteng Berkah. 

"Saya yakin, desa di Kalteng akan maju. Kenapa Karena infrastruktur telah dibangun. Kalaupun ada kelemahannya, lewat jambore inilah bisa didiskusikan. Sehingga pembangunan sesuai potensi di desa masing-masing dapat berjalan dengan baik," tuturnya.

Kegiatan pembukaan jambore itu dihadiri ribuan peserta dari berbagai daerah di Kalteng. Pembukaan ditandai dengan penabuhan gong oleh Kaspinor didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDes) Provinsi Kalimantan Tengah, Hamka, Sekretarisnya, Eka Dyan S Hadi dan Pejabat Pembuat Komitmen Satker P3MD Program Inovasi Desa atau PID, Etty Aprilya. (BUDI YULIANTO/B-11)

Berita Terbaru