Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten Barito Utara Naik Status

  • Oleh Ramadani
  • 03 Maret 2020 - 19:55 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Status Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Barito Utara mengalami kenaikan sehingga menjadikan IPM di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan yang sebelumnya sedang manjadi tinggi.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Barito Utara, Ahmad Nasrullah mengatakan Untuk Kabupaten Barito Utara, saat ini IPM berada pada level tinggi.

“Dengan komitmen Bupati Barito Utara yang terus giat dalam membangun, semoga kedepannya IPM dapat mencapai level sangat tinggi,” kata Ahmad Nasrullah, Selasa 3 Maret 2020 diruang kerja bupati Barito Utara. 

Dijelaskan Nasrullah bahwa IPM dihitung berdasarkan rata-rata geometrik indeks kesehatan, indeks pengetahuan, dan indeks pengeluaran. Pengelompokan level IPM terdiri dari “sangat tinggi” (IPM ≥ 80), level “tinggi” (70 ≤ IPM < 80), level “sedang” (60 ≤ IPM < 70) dan level “rendah” (IPM < 60).

Dia menyammpaikan bahwa  IPM diperkenalkan oleh UNDP pada tahun 1990 dan metode penghitungan direvisi pada tahun 2010. “Badan Pusat Statistik mengadopsi perubahan metodologi penghitungan IPM yang baru pada tahun 2014” kata Ahmad.

IPM, kata dia, dibentuk oleh tiga dimensi dasar, yaitu umur panjang dan hidup sehat, pengetahuan, dan standar hidup layak.

Dia memaparkan, umur panjang dan hidup sehat digambarkan oleh Umur Harapan Hidup saat lahir (UHH), pengetahuan diukur melalui indikator rata-rata lama sekolah dan harapan lama sekolah.

“Sedangakan standar hidup yang layak digambarkan oleh pengeluaran per kapita disesuaikan, yang ditentukan dari nilai pengeluaran per kapita dan paritas daya beli,” paparnya. (RAMADHANI/B-5)

Berita Terbaru