Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bahasa dan Budaya Daerah Harus Masuk Program Pembelajaran

  • Oleh Naco
  • 15 Juli 2020 - 15:41 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil Ketua DPRD Kotawaringin Timur (Kotim), Rudianur menghendaki agar sekolah di daerah ini memasukan  pengenalan bahasa daerah dan budaya daerah dalam program belajar. 

"Salah satunya melalui pendidikan muatan lokal sehingga tahun ajaran baru ini perlu disamakan persepsi, dinas pendidikan juga sudah saatnya memberikan arahan agar program muatan lokal itu dimasukan  pembelajaran  bahasa daerah dan kebudayaan daerah ini,  mulai dari tingkatan SD hingga SMA," katanya, Rabu, 15 Juli 2020.

Pengenalan dan pembelajaran bahasa dan budaya daerah ini dirasa penting, sebab dirinya melihat semakin hari ini kebudayaan daerah semakin menghilang. Ini  terjadi karena kurangnya  kepekaan dan semangat untuk melestarikannya.

“Coba bisa lihat daerah luar Kalimantan sejak SD mereka sudah diperkenalkan dengan budaya lokal, kesenian daerah, bahasa daerah dan lain sebagainya hingga pada akhirnya  kebudayaan  sebagai identitas diri itu memang terus dilestarikan,” tegasnya.

Menurut Rudianur eksistensi budaya lokal cenderung menurun, apalagi di zaman generasi milenial ini. Padahal melalui kebuayaan daerah itulah sebagai wadah untuk membentuk karakter dan perilaku anak didik.

“Saya lihat kita ini pendidikannya sudah cenderung mengabaikan karakter anak. Iya memang kalau secara teori tetapi secara output bisa kita lihat sendiri produk dari pendidikan yang menyepelekan pendidikan tersebut," tandasnya. (NACO/B-6)

Berita Terbaru