Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala Dinas Harapkan UMKM di Barito Timur Dapat Berinovasi saat Pandemi Covid-19

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 26 Agustus 2020 - 14:55 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Kabupaten Barito Timur, Ina Karuniani Gandrung berharap pelaku usaha mikro, kecil dan menengah atau UMKM di daerah setempat dapat terus berinovasi saat pandemi covid-19.

Harapan ini disampaikan Ina saat membuka pelatihan peningkatan kapasitas sumber daya manusia atau SDM pelaku UMKM di aula Hotel Indra Jaya, Rabu, 26 Agustus 2020.

"Pandemi covid-19 ini benar-benar berdampak pada semua segi, mulai dari sisi kesehatan, kehidupan sosial juga ekonomi. Untuk memutus mata rantai penyebaran virus setiap orang diwajibkan untuk tetap dirumah dan konsep ini menunjukkan ruang dan gerak menjadi sempit dan terbatas," kata Ina.

Menurutnya, kondisi seperti ini, dibutuhkan wirausaha yang kreatif dan inovatif secara pengetahuan maupun kemampuan agar dapat bertahan disaat krisis yang melanda serta mampu berkarya dan berusaha dalam mengembangkan usahanya.

"Begitu juga dengan rekan-rekan pelaku UMKM yang mengikuti pelatihan harus bisa beradaptasi dan mulai bertransisi agar dapat bertahan," ujarnya

"Saya berharap para pelaku usaha tetap eksis dalam menjalankan usahanya meski ditengah pandemi covid-19 dengan tetap menjaga protokol kesehatan," lanjut Ina.

Sementara itu, narasumber Widyaiswara dari Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Tengah, Sintaman menjelaskan, saat pandemi covid-19 ini pemerintah terus berupaya menumbuhkan jiwa wirausaha pelaku UMKM.

"Dengan tumbuhnya jiwa wirausaha, para pelaku UMKM akan kuat dan bisa beradaptasi, mencari berbagai inovasi dan bisa menyesuaikan kebutuhan masyarakat pada saat ini," kata Sintaman. (BOLE MALO/B-7) 

Berita Terbaru