Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kecamatan Katingan Kuala Masuk Tingkat Kerawanan Karhutla Ekstrim

  • Oleh Abdul Gofur
  • 30 Agustus 2020 - 13:30 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Kecamatan Katingan Kuala saat ini dinyatakan masuk tingkat kerawanan kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla ekstrim di Kabupaten Katingan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup atau DLH Kabupaten Katingan, Hap Baperdo mengatakan hal ini, Minggu, 30 Agustus 2020. Menurutnya, di antara 13 wilayah kecamatan yang ada di Kabupaten Katingan, saat ini tingkat kerawanan kebakaran hutan dan lahan di Kecamatan Katingan Kuala termasuk ekstrim.

Hap Baperdo mengatakan, tingkat kerawanan karhutla ekstrim ini ditandai dengan warna merah pada peta wilayah di Kabupaten Katingan. "Ekstrim artinya lahan kering, sangat mudah terbakar dan api sulit dikendalikan, dan dari 13 wilayah kecamatan di Katingan, wilayah Kecamatan Katingan Kuala hari ini termasuk ekstrim terjadinya Karhutla," katanya.

Sementara lima wilayah kecamatan lainnya tingkat kerawanan karhutla dinyatakan tinggi. Artinya, lahan kering, mudah terbakar dan api relatif dapat dikendalikan.

Kemudian lima wilayah kecamatan lainnya tingkat kerawanan karhutla dinilai tergolong sedang. Yakni Pulau Malan, Katingan Tengah, Sanaman Mantikei, Marikit dan Kecamatan Petak Malai. Hanya dua wilayah kecamatan yang tingkat kerawanan karhutla rendah, yakni Katingan Hulu dan Kecamatan Bukit Raya.

Sementara itu, sejak beberapa hari terakhir sejumlah titik api di sejumlah wilayah kecamatan di Katingan terpantau. Namun, umumnya titik api yang terpantau hanya membakar lahan masih sekala kecil dan dapat diatasi baik oleh masyarakat peduli api atau pihak tim gabungan maupun bantuan dari provinsi yang mengerahkan heli kopter. (ABDUL GOFUR/B-7)

Berita Terbaru