Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tips Penting Memulai Usaha dari Nol

  • Oleh Teras.id
  • 19 September 2020 - 12:50 WIB

TEMPO.COJakarta - Merintis usaha membutuhkan banyak ketidaknyamanan, kegelisahan, ketabahan dan kerja keras untuk memulai dengan sebuah ide dan membangunnya setiap hari. Perjalanan setiap wirausahawan diisi dengan pelajaran unik untuk perjuangan dan tantangan.

Pemilik bisnis telah melewati berbagai pembelajaran berharga, mulai dari belajar bagaimana menjalankan usaha hingga menjadi seorang pengusaha. Begitulah perjalanan Stelian Balta, pendiri dan CEO HyperChain Capital yang berbasis di Singapura, sebuah perusahaan manajemen aset dan investasi digital.

Balta pengusaha dan investor yang telah berinvestasi di lebih dari 40 perusahaan sejak memulai perusahaannya. Meski sukses di usia muda, dia sendiri sebetulnya sudah memulai bisnis dari nol sejak remaja.

Pada usia 16 tahun, dia merancang dan membuat game online dan menjadi investor jutawan setelah menghasilkan jutaan dolar pertamanya pada usia 24 tahun. Tidak hanya kesuksesan wirausaha yang diperhatikan tetapi juga semangat filantropis. Ketika ditanya tentang filosofi perusahaannya, Balta dengan cepat menunjukkan sejak pertama kali memulai HyperChain Capital beberapa tahun lalu, filosofinya adalah selalu berbuat baik.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang perjalanan dan hasil terbesarnya, Balta membagikan enam pembelajaran bagi calon wirausahawan, seperti dikutip dari entrepreneur.com.

Jangan takut akan kegagalan
Dengan kegagalan besar maka akan datang kesuksesan besar. “Saya pikir merasa nyaman dengan kegagalan itu sangat penting. Saya gagal berkali-kali. Anda perlu mencoba dan membangun banyak hal, ”kata Balta.

Dia juga mengaku senang melakukan eksperimen dan mencoba berbagai hal. Itu semua dimulainya dari nol. Kurangnya dukungan dan modal pada awal memulai usaha memang membuat stres dan frustasi. Tetapi, jika terus berusaha dan tidak takut kegagalan, maka kita akan menerima itu merupakan bagian dari cara kerja sehingga akan lebih mudah ketika membangun perusahaan.

“Impian setiap pengusaha adalah menjadi sukses, tetapi selalu ada harga yang harus dibayar untuk itu. Anda harus menyadari sepenuhnya kegagalan adalah bagian tak terpisahkan dari kesuksesan, jadi jangan biarkan hal itu menghentikan Anda,” ujarnya.

Antisipasi masa depan
Menurut Balta, mengantisipasi kebutuhan penting dalam pasar yang terus berkembang adalah kualitas penting dari wirausahawan hebat dengan eksekusi yang hebat. Selain itu, pengaturan waktu juga menjadi salah satu komponen yang penting.

“Jika ingin menjadi pengusaha sukses, lupakan hal-hal yang telah dilakukan dan mulailah berfokus untuk menciptakan sesuatu yang baru. Cobalah untuk melihat sesuatu dari perspektif yang berbeda dan menjadi inovatif, menilai, dan mengukur apa yang bisa terjadi di masa depan dengan apa yang terjadi di masa lalu dan apa yang terjadi sekarang,” jelasnya.

Berita Terbaru